Search

Sekda Ketapang dan Kadis Koperasi UKM Provinsi hadiri RAT CUPS

Foto kiri : Alexander Wilyo, S. STP., M.Si, Foto kanan : Drs. Junaidi, MM Kadis Koperasi & UKM 
Provinsi KALBAR, saat memberikan sambutan dalam momen RAT CUPS, Sabtu 24 Februari 2024

 “Hari ini 4 Credit Union yang melaksanakan RAT, tapi saya hadir disini di RAT CUPS, karena beberapa tahun ke belakang saya sudah keliling ke beberapa wilayah atau kabupaten untuk menghadiri RAT, tapi sekarang saya memutuskan hadir di sini, supaya semua ter-ayomi”, ujar Drs, Junaidi, MM yang juga Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Barat, saat memberi sambutan dalam RAT CUPS Tahun Buku 2023 yang di laksanakan di Borneo Emerald Hotel Ketapang, Sabtu 24 Februari 2024.

Ia menyampaikan mengelola CU dimasa sekarang bukan seperti di tahun 80-an, harus dapat menyesuaikan dengan jaman. “Berbeda ya mengurus CU di tahun 80-an dengan sekarang, yang jelas kita harus paham apa yang dibutuhkan anggota, taat akan regulasi, peluang-peluang untuk melakukan pendampingan dan spin off, dan saya mengapresiasi CUPS sudah memulainya dengan pembuatan demplot-demplot, sementara di aspek kesehatan CUPS juga menerapkan standar profesional dengan pemeriksaan oleh Kantor Akuntan Publik, dan tadi hasilnya Wajar Tanpa Pengecualian, Pemerintah dalam hal ini mendukung langkah-langkah yang dilakukan untuk menjaga kesehatan koperasi, karena kalau mengandalkan audit internal maupun dari dinas koperasi tentu sangat terbatas, namun jika pihak luar seoerti akuntan public, pasti lebih dalam dan komplit dan terima kasih juga untuk dukungan pemerintah daerah bagi koperasi-koperasi”, tambah pria yang berasal dari Kapuas Hulu ini.

Foto : G. bambang WS, SE Ketua Panitia RAT CUPS

Sebelumnya dalam sambutan Ketua Pengurus KSP CUPS, disampaikan rencana-rencana pengembangan ke depannya yang bersinergi dengan pihak-pihak terkait termasuk dengan pemerintah daerah dan provinsi. “Kami ke depan tentu akan mengembangkan program pendampingan bagi anggota baik di bidang pertanian dan peternakan serta program lainnya, besar harapan kami dapat bersinergi dan didukung oleh pemerintah daerah dan provinsi untuk giat pemberdayaan yang dilakukan agar menjaga nyala semangat pemberdayaan CUPS tetap menyala”, ungkap Thomas More Sulidra Hery Sukardi, A. Md, Ketua CUPS.

Foto : TMS. Hery Sukardi, A. Md, Ketua Pengurus CUPS

RAT CUPS kali ini merupakan RAT yang ke-22 sejak CUPS berdiri pada 27 Oktober 2001 silam. Tema yang diusung adalah To Do More – Keep The CUPS Candle Burning, yang memiliki makna semua elemen CUPS bersama-sama melakukan ikhtiar lebih untuk menjaga nyala semangat pelayanan dan pemberdayaan tetap menyala dan menghangatkan.

Foto : Talkshow bersama BPN Ketapang

Foto : Talkshow dengan Eko Cahyono, wirausaha ternak sapi

Kegiatan rangkaian RAT ini sebelumnya dirangkai dengan Talkshow dan Malam Penghargaan pada Jumat, 23 Februari 2024. Talkshow sendiri mengusung dua tema yakni Literasi Legalitas Pertanahan bersama Kantor BPN Ketapang dan Wirausaha Ternak Sapi bersama peternak sapi yakni Eko Cahyono anggota CUPS dari Marau. Dalam talshow pertama pihak BPN menyampaikan pentingnya warga memiliki pemahaman dan berusaha untuk memperjelas status tanah yang dimiliki dengan mengurus surat-menyurat dan sertifikat secara baik. Sementara itu dalam Talkshow kedua, pak Eko memberikan kiat-kiat manajemen ternak sapi yang menghasilkan profit yang maksimal. Sementara di malam harinya kegiatan diisi dengan malam apresiasi dan hiburan.

Foto : Kegiatan CUPS Night

Foto : Muhammad Syukron dari Kantor Akuntan Publik HSE

Dalam RAT CUPS kali ini, menariknya juga dihadiri oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Hendro Syukron Edi (HSE) yang menyampaikan langsung mengenai proses audit yang dilakukan dan hasil yang didapat oleh pihak CUPS. Sementara itu dari Puskop Credit Khatulistiwa (PUSKHAT) sebagai organisasi sekunder dimana CUPS bernaung menyampaikan apresiasi tentang segala proses yang telah dicapai oleh CUPS.

Foto : Sutiyo Andri Cahyono, SS mewakili PUSKHAT

“Kita mengapresiasi proses yang diikuti CUPS mulai dari program Federated System  yang telah dijalankan, kemudian aspek legalitas-perpajakan, lalu penilaian secara berkesinambungan, dan tentu ini menjadi nilai tambah bagi CUPS di mata anggota maupun masyarakat luas”, ujar Sutiyo Andri Cahyono, S.S perwakilan dari PUSKHAT.

Kegiatan RAT CUPS sendiri dibuka oleh Sekretaris Daerah yang dalam hal ini mewakili Bupati Ketapang. Alexander Wilyo, S. STP., M. Si yang juga Sekda Ketapang menyampaikan Pemerintah Daerah siap bersinergi bersama CUPS untuk terus mengembangkan pemberdayaa ekonomi kerakyatan yang dilakukan.

Foto : Sekda Ketapang, Alexander Wilyo, S. STP., M. Si

“Kita siap bersinergi dan mendukung dengan apa yang sudah dilakukan dan mulai dikerjakan oleh CUPS, dan RAT kali ini secara rutin dilakukan oleh CUPS, ini sebagai pemenuhan kewajiban sesuai UU Koperasi dan ini sebuah ciri koperasi yang baik, maka hari ini juga saya mengajak Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan untuk hadir juga, agar dapat menjadikan parameter seperti ini diterapkan di koperasi-koperasi lain di Ketapang agar kualitasnya juga baik, kami juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Provinsi yang juga memberi perhatian bagi koperasi yang ada di Ketapang ini”, ungkap pria yang juga pernah menjadi anggota pengawas di CUPS periode 2008-2010 ini.

Foto : Prosesi pemukulan gong pembukaan RAT oleh Mgr. Pius Riana Prapdi, Pr
Foto : salah satu momen penyerahan cinderamata, yang saat itu 
disampaikan pada Kadiskop UKM Perindag Kab Ketapang

Pria yang sering disapa Alex ini pun berharap CUPS dapat terus mengembangakan pendampingan bagi anggotanya. “Berharap CUPS dapat terus melakukan pendampingan bagi anggota lewat wirausaha, pelayanan simpan pinjam yang baik, dan jangan lupa anggota juga mesti paham akan hak dan kewajiban, jangan sampai tidak bayar pinjaman, kalau macet tentu berpengaruh pada CU-nya dan anggota semua tentunya”, pungkasnya kembali.

RAT kali itu pun dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong. Sekda Ketapang memberi kehormatan bagi Uskup Ketapang Mgr. Pius Riana Prapdi untuk membuka RAT CUPS dengan pemukulan gong sebanyak tujuh kali.

Foto : momen penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Pengurus
saat RAT CUPS tahun buku 2023, Sabtu 24 Februari 2024
Foto ; Peserta RAT yang merupakan perwakilan dari 13 Kantor Cabang CUPS

Setelah seremoni pembukaan RAT, acara pun berlanjut dengan sidang RAT Tahun Buku 2023 yang diikuti oleh 96 utusan dari 13 Kantor Cabang. “Terima kasih atas dukungan banyak pihak secara khusus untuk Pemerintah Daerah dan Provinsi, yang hari ini berkenan hadir dan tentunya juga dukungan dari segenap anggota, dan momen RAT ini menjadi bagian proses perjalanan CUPS dan tentu menjadi amanah serta tanggung jawab yang harus dijalankan oleh semua elemen termasuk kami agar CUPS ini dapat terus maju dan berkesinambungan”, pungkas Ridwan, SE., ME yang juga Manajer CUPS.

Selamat atas terlaksananya RAT tahun buku 2023, semoga segala hasil keputusan yang telah dihasilkan di forum ini dapat diimplementasikan dalam pelayanan dan pemberdayaan bagi anggota. (Red)

 










0 Komentar