Search

Rawan Kecelakaan, Warga Minta Pemerintah Tambah Rambu Penunjuk Jalan


Jalan lintas provinsi yang relatif lebih mulus mulai dari Nanga Tayap hingga Simpang Hulu memang sangat membantu warga dalam beraktivitas. Namun dibalik infrastruktur yang baik itu juga menyimpan tantangan, diantaranya makin seringnya terjadi kecelakaan yang terkadang merengut korban jiwa.

“Belakangan ini sering terjadi kecelakaan yang terjadi di kampung saya Desa Batumas, bahkan hingga membuat korban jiwa, ini disebabkan oleh lajunya pengguna kendaraan yang melintas karena jalan memang sudah bagus, tapi harusnya ketika melintas di kampung-kampung harus sedikit mengurangi kecepatan, harapan saya pemerintah menambahkan rambu-rambu juga untuk mengingatkan”, ujar pria yang disapa Hari warga Desa Batumas, Kecamatan Nanga Tayap.

Ia sangat berharap juga dukungan dari anggota legislatif untuk membantu merealisasikan usulan itu. “Anggota Dewan khususnya Dapil kami juga, saya mohon mengusulkan hal ini (penyediaan rambu-rambu)”, ungkapnya kembali.

Diharapkan dengan penambahan rambu-rambu dapat menjadi pengingat bagi pengguna jalan untuk dapat lebih hati-hati ketika melintas jalan-jalan yang rawan kecelakaan. Selain itu keterlibatan dari warga juga sangat diharapkan diantaranya turut merawat lingkungan khususnya di desa mereka. Hal yang dapat dilakukan adalah melakukan pemangkasan pada semak-semak di tepi jalan agar tidak mengahalangi pengguna jalan serta bagian upaya pencegahan terjadinya kecelakaan.

“Sinergi kita semua, intinya termasuk dari pihak desa juga, namun tentu kalau didorong oleh pihak yang berwenang hal ini akan terealisasi lebih cepat dan lebih baik, dan pastinya ini dapat menghindarkan warga dan daerah kita menjadi tempat yang sering terjadi kecelakaan dengan korban jiwa, itu harapan kami”, pungkas Hari.

Usulan dari warga ini tentu sebuah kepedulian yang harus didukung bersama agar menjadi perhatian pihak-pihak terkait mulai dari desa, pemerintah kecamatan, pemerintah kabupaten termasuk para legislator yang dapat mengusulkan usulan-usulan sebagai bagian pencegahan terjadinya kecelakaan di jalan Trans Kalimantan. (Ded-JWKS)

0 Komentar