Search

Elemen Penting dalam Pemilu

Pemilu merupakan even lima tahunan yang diselenggarakan oleh negara kita dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Tiap warga negara yang telah memiliki hak pilih pun dapat melakukan partisipasi langsung dalam kegiatan pemilihan umum tersebut.

Setidaknya ada tiga hal komponen penting dari Pemilu itu sendiri yakni peserta, pemilih dan kegiatan pelaksanaan pemilihan itu sendiri. Peserta tentu merujuk siapa kontestan yang dipilih. Disini bisa partai, anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, DPRD Kabupaten/kota. Tentu ada juga Presiden dan Wakil presiden, Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati/Walikota dan wakil.

Kemudian pemilih tentu mengacu pada tiap warga negara yang memiliki hak pilih pada pemilu 2024 mendatang. Sebagai warga yang memiliki hak pilih, maka penting mengetahui apakah warga tersebut terdaftar dengan benar dan sesuai dengan daerah pemilihannya. Pemilih juga terdiri dari berbagai latar belakang termasuk kaum rentan seperti kaum disabilitas, perempuan, kaum muda, masyarakat adat, trangender dan lain-lain. Maka untuk memenuhi asa keadilan dan kesetaraan mereka juga berhak atas kesempatan yang sama baik untuk memilih maupun dipilih serta terlibat dalam penyelenggaraan pemilihan.

Berikutnya yang tak kalah pentingnya adalah saat proses pelaksanaan pemilihan baik mulai dari masa kampanye, minggu tenang, pemilihan, penghitungan suara, proses pengumuman, penanganan sengketa, penetapan dan kegiatan-kegiatan lainnya yang berkenaan dengan proses pelaksanaan.

Kesadaran tiap warga untuk dapat berpartisipasi tentu menjadi hal yang penting. Bagaimana memiliki kesadaran bahwa even demokrasi akan melahirkan kepemimpinan dan pemerintahan yang berbuah pada kebijakan-kebijakan yang akan dirasakan baik langsung maupun tidak langsung oleh tiap warga negara. Lebih dari itu setiap tahapan dan prosesnya harus betul-betul berkualitas sehingga demokrasi kita pun semakin baik. (Len-JWKS)

0 Komentar