Search

Tiada Henti Warga Dorong Perbaikan Jalan di Perhuluan

Foto Kondisi Jalan Rusak di Ruas Mahawa

“Wah macet nih, di depan ada mobil yang menarik mobil lain yang amblas, eh malah dianya terguling juga, nasib sudah kalo jalan sedang parah”, keluh Dahlan seorang pengemudi kendaraan di jalan daerah Mahawa, Ketapang.

Infrastruktur jalan yang buruk memang sering dikeluhkan oleh warga khususnya yang melintas dari Kecamatan Tumbang Titi ke Kecamatan Jelai Hulu. Tentu kondisi ini juga berpengaruh bagi para penggunanya dimana jalan ini menjadi sarana vital untuk distribusi angkutan. “Biaya perjalanan jadi bengkak, apalagi kalau harus nginap dan tentu ditambah biaya perawatan kendaraan, bengkaklah”, tambah Dahlan kembali.

Status jalan sendiri sebenarnya telah jelas yakni bagian dari jalan provinsi. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda perbaikan. Sementara warga sudah melakukan ikhtiar bersama dengan melakukan gotong royong menimbun jalan dengan dukungan dari Kecamatan serta beberapa perusahaan. Namun seiring dengan tingginya curah hujan, biasanya jalan yang diperbaiki dengan timbunan itupun rusak kembali.

“Kita harap ini menjadi perhatian-lah dari pihak terkait, karena jalan selalu menjadi komoditi politik menjelang pesta demokrasi, akan diperbaiki, akan dibaguskan jika terpilih A, B dan C, tapi nyatanya ya masih seperti ini, jadi perhatian dari pemangku kepentingan harus betul-betul menunjukkan keberpihakan pada rakyat”, harap Dicky seorang mahasiswa yang berasal dari Manismata.

Memang seharusnya infrastruktur seperti jalan dan jembatan menjadi prioritas utama untuk direalisasikan, karena ini menjadi sarana vital bagi masyarakat. Pemenuhan ini bukan harus menjadi sarana jualan politik yang tak pernah dipenuhi, namun harus menjadi sebuah tanggung jawab dari pemangku kepentingan. (An-JWKS)

0 Komentar