Search

Harapan Pekerja Pemberdayaan untuk Giat Demokrasi Pemilu 2024 Mendatang

Foto : Alkap salah satu penggiat Credit Union 

Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Giat ini biasanya tidak datang dan tumbuh dengan sendirinya, namun butuh dorongan dari institusi maupun stake holder yang peduli untuk merubah kondisi masyarakat menjadi lebih baik.

Salah satu giat pemberdayaan masyarakat adalah pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang dilakukan Credit Union. Credit Union sendiri adalah lembaga berbadan hokum koperasi yang tidak hanya bergerak di simpan pinjam saja namun juga melakukan pendampingan dan pemberdayaan.

Terkait dengan giat demokrasi yakni Pemilu 2024 JWKS berkesempatan mewawancarai Alkap Pasti salah satu tokoh muda penggiat demokrasi dan juga penggerak di Credit Union khusunya di Ketapang. Berikut petikan wawancara kami :

JWKS : Seperti apa bapak melihat kondisi CU sekarang

Alkap Pasti : “Tentu kita perlu membuat perbandingan dimana saat awal CU berdiri di banyak tempat termasuk di Ketapang dan Kalimantan Barat, nah situasi berkembang cukup cepat, CU-CU pun dituntut menyesuaikan, dimana tehnologi informasi juga berpengaruh pada gaya hidup dan situasi masyarakat, namun tentu CU tetap konsisten pada nilai-nilai awal tentang memajukan masyarakat, meningkatkan taraf hidup yang berkeadilan, jadi di satu sisi CU-CU harus berubah namun tetap dengan mempertahankan nilai-nilai awal saat didirikan, kemudian saat ini suka tidak suka juga kita harus menyesuaikan dengan regulasi-regulasi yang berkembang saat ini”.

JWKS : terkait dengan politik bagaimana posisi CU

Alkap Pasti : “Kita melihat antara dua bagianlah, satu di sisi CU dan sisi yang lain politik, nah selama politik yang kita kembangakan adalah pilitik tentang nilai-nilai yang memperjuangkan kemajuan, kebersamaan, keadilan, baik juga aktivis mengisi ruang itu, namun di sisi lain kita juga harus mempertimbangkan kondisi masyarakat kita, bila itu mengedepankan politik identitas tentu berbahaya pada kesolida-an anggota dan masyarakat kita, jadi silahkan kembangkan politik yang mengusung pada nilai-nilai, dan kita pun tahu CU sebagai bagian politik juga untuk memperjuangkan kesejahteraan, kebersamaan dan keadilan, jadi memang kita mesti menjauhkan dari politik identitas”.

JWKS : Apa harapan untuk Pemilu 2024 mendatang

“Idealnya harus makin banyak orang-orang yang memahami perkembanagn ekonomi khususnya di lembaga-lembaga perwakilan, kalo kita melihat ada sistem ekonomi yang mengakar kuat di masyarakat kita seperti koperasi dan CU ini, dan bila kita melihat perkembangan lembaga-lembaga ini mampu membawa dampak positif bagi masyarakat dan mampu bertahan hingga kini, dalam konteks itu kita berharap pemerintah yang terpilih dari pemilu 2024 mendatang dengan lembaga perwakilan segera menyusun regulasi-regulasi yang berpihak, yang paling mendesak ialah mengamandemen UU Koperasi yang sempat disahkan namun dicabut oleh Mahkamah Konstitusi, jadi yang paling mendesak adalah UU koperasi yang berpihak pada gerakan pemberdayaan ini.

Kita semua memiliki harapan yang lebih baik dari buah demokrasi pemilu 2024 mendatang, tanpa terkecuali pekerja pemberdayaan khususnya di gerakan Credit Union. (Ed-JWKS)

0 Komentar