Search

Petani Keluhkan Harga Sawit Terus Merosot Turun

“Merosot terus, dulu sempat Rp. 3.500,- sekarang Rp. 1.200,- harga per kg TBS, yang mengkhawatirkan kita dengar harga di Sumatera sawit tanaman swadaya turun hingga dibawah Rp. 1.000,- kalau terjadi disini juga makin sulit ekonomi kita”, keluh Sumarji salah satu petani sawit pada Rabu 22/06/2022.

Sumarji juga mengeluhkan harga tanaman perkebunan juga ikut turun. “Pinang pernah Rp. 27.000 sekarang Rp. 7.000,- kondisi yang membuat terpuruk para petani, sementara biaya operasiona untuk bertani misal pupuk harganya makin mahal”, ujar pria asal Bengkayang ini.

Pengamatan JWKS memang isu terhangat saat ini di tingkat masyarakat bawah adalah turunnya harga Tandan Buah Segar (TBS) yang semakin merosot. Apalagi beberapa perusahaan dikabarkan membatasi juga pembelian TBS milik petani mandiri.

Tentu potret fluktuasi harga-harga dari komoditi perkebunan yang menjadi sumber pendapatan pokok petani ini sangat mengganggu stabilitas ekonomi dan menimbulkan efek domino. Beberapa bulan yang lalu harga yang melonjak, membuat petani banyak mengambil fasilitas mobil untuk angkutan hasil kebun, rehab rumah dan keperluan lainnya. Jatuhnya harga tentu menjadi kendala bagi petani, leasing serta lembaga penyalur pinjaman dalam hal angsuran pinjaman.

“Stabilitas ekonomi ini sangat penting, apalagi baru-baru ini Presiden Jokowi me-rushaffle menteri yang diantaranya juga menangani hal ini, bila tidak segera ditangani tentu ini sangat mengganggu stabilitas lainnya, apalagi menjelang Pemilu serentak 2024”, ungkap Dicky yang juga mahasiswa berpendapat.

Masyarakat sangat berharap banyak pada pemerintah untuk segera menangani turunnya harga jual komoditi perkebunan yang menjadi mata pencahrian pokok khususnya bagi petani ini. (Re-JWKS)

 

0 Komentar