Search

Perlu Giat Sosialisasikan Pemilu 2024 pada Pemilih Pemula, Salah Satunya Lewat Olah Raga

Foto : Ilustrasi Kegiatan Olahraga Sepak Bola yang bisa diselipkan sosialisasi Pemilu 2024 khususnya bagi pemilih pemula.

“Saya Februari tahun 2024 nanti berusia 17 tahun, tapi saya belum tahu gambaran Pemilu dan pentingnya partisipasi memilih”, ujar Dimas salah satu siswa SMA sambil memainkan gadged-nya di sebuah warkop di Ketapang.

Dimas tidak sendiri, ada Lusi yang usianya kurang lebih sama dengannya, yang juga tidak terlalu memahami apa itu Pemilu, proses dan manfaatnya secara jelas. “Setau saya pemilu itu memilih ya, ada anggota DPRD dan lain-lain”, akunya di sela-sela menonton pertandingan sepak bola di Kecamatan Nanga Tayap.

Petrus Dedek salah satu kaum muda yang telah beberapa kali mengikuti Pemilu Presiden mengungkapkan bahwa penting untuk mensosialisasikan proses dan manfaat pemilu itu sendiri. “Penting ya untuk mensosialisasikan ke generasi muda yang pada 2024 mendatang menjadi pemilih pemula, dan saya lihat lewat turnamen-turnamen olah raga seperti ini misalnya bila diselipkan info-info tentang even demokrasi lima tahunan akan menjadi efektif”, ungkap pria yang berasal dari Desa Batu Mas ini.

Baginya mensosialisasikan even demokrasi ini menjadi tanggung jawab bersama, namun tentu info-info yang akurat dan valid harus dari penyelenggara. “Perlu partisipasi bersama dan tentu bersinergi dengan pemerintah dan pihak penyelenggara juga untuk mensosialisasikan pemilu, kesadaran bersama akan menentukan juga terselenggaranya pemilu dengan berkualitas”, ujarnya kembali.

Dalam even pertandingan sepak bola di kampung-kampung memang menjadi pusat berkumpulnya massa termasuk anak-anak muda sebagai pemilih pemula. Pemasangan spanduk, baliho atau pamflet dan himbauan terkait penyelenggaraan even demokrasi termasuk pemilu menjadi sarana efektif untuk pengenalan dan mendistribusikan informasi terkait pemilu. (Len-JWKS)

0 Komentar