Search

Bawaslu Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu 2024

 

Dikutip dari situs Bawaslu.go.id, Bawaslu secara resmi membuka pendaftaran Pemantau Pemilu 2024 yang ditandai dengan peluncuran Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024 pada Jumat (10/6/2022). Selain untuk menerima pendaftaran Pemantau Pemilu 2024, seperti namanya, Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024 juga akan menjadi sarana yang melayani pemantau Pemilu 2024 dalam melaksanakan tugas pemantauan pemilu, terutama yang berhubungan dengan Bawaslu seperti diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024 penting untuk mempermudah komunikasi antara Bawaslu dengan pemantau pemilu yang merupakan mitra kerja strategis Bawaslu. Dengan adanya meja Layanan, Bawaslu juga bermaksud membuka akses keterlibatan masyarakat seluas-luasnya dalam memantau proses tahapan Pemilu 2024.

Pada pengawasan tahapan Pemilu 2024, Bawaslu berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemantauan pemilu. Komitmen tersebut dibuktikan Bawaslu dengan memfasilitasi individu yang terpanggil memantau pemilu untuk dapat bergabung dengan lembaga pemantau berbadan hukum.

Info itu disambut baik oleh warga salah satunya Riadi yang juga Ketua Presidium PMKRI Cabang Ketapang. “Tentu kita menyambut baik hal ini, dan kami berkeinginan untuk terlibat khususnya sebagai pemantau, motivasinya tentu sebagai pengalaman untuk terlibat dalam kegiatan demokrasi lima tahunan dan yang kedua adalah berpartisipasi aktif memastikan proses demokrasi dapat berjalan dengan baik”, ujarnya.

Sebagai catatan, pada Pemilu 2019, Bawaslu menerbitkan akreditas pemantau pemilu bagi 138 organisasi berbadan hukum. Dua di antaranya merupakan lembaga pemantau pemilu dari luar negeri.

Dengan dibukanya pendaftaran pemantau pemilu 2024, ini tentu menjadi sebuah harapan akan keterlibatan partisipatif dari elemen masyarakat yang tergabung dalam organisasi-organisasi pemantau yang nantinya akan diverifikasi oleh Bawaslu sendiri. “Kita berharap kualitas demokrasi semakin baik dengan partisipasi masyarakat tanpa terkecuali kaum muda”, pungkas Riadi kembali. (Dant-JWKS)

 

0 Komentar