Search

PPDI Kabupaten Ketapang Dorong Kaum Disabilitas Partisipasi Aktif dalam Pemilu 2024 Mendatang

Foto : Muhammad Saad Ketua DPC PPDI Kab. Ketapang

Ketua Persatuan DPC Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Ketapang, Muhammad Saad mendorong kaum disabilitas berpartisipasi aktif dalam Pemilu serentak 2024 mendatang.

“Kita mendoronglah bagi anggota PPDI Ketapang, siapa yang memiliki kapasitas untuk dapat bepartisipasi aktif khususnya sebagai calon legeslatif agar dapat mensuarakan aspirasinya dan kita berharap partai-partai yang ada juga dapat mendorong dan mengakomodir mereka”, ungkap pria yang disapa sebagai bang Saad ini saat kami wawancarai pada Kamis, 19 Mei 2022 lalu.

Selama ini dalam perhelatan giat demokrasi baik itu Pilpres maupun Pilkada, PPDI selalu dilibatkan baik oleh KPU maupun Bawaslu Kabupaten Ketapang. “Organisasi kita selalu diundang dan disosialisasikan oleh pihak penyelenggara baik itu KPU maupun Bawaslu tentang pelaksanaan dari giat demokrasi itu, seperti saat Pilkada 2020 lalu, sosialisasi dilaksanakan di Sukabangun”, ungkapnya kembali.

Ia menambahkan kembali sebagai ASN tentu ia menjaga netralitas, namun sebagai ketua komunitas ia mendorong anggota PPDI dapat berpartisipasi aktif menyuarakan haknya sebagai warga negara. “Saya mendorong anggota untuk terlibat aktif apakah itu sebagai calon, panitia penyelenggara, dan tentu aktif menyalurkan hak pilihnya sesuai keinginannya masing-masing, jangan golput”, pungkasnya.

Kaum disabilitas memang salah satu komunitas rentan yang harus menjadi salah satu sasaran dalam sosialisasi kegiatan Pemilu serentak nanti. Namun tidak sampai disitu saja mesti pula dibarengi dengan usaha mendorong mereka agar dapat mewakili komunitasnya sebagai calon anggota legeslatif sehingga diharapkan pula dapat menyuarakan aspirasi-aspirasi dari komunitas.

Tiap warga negara harus sadar pada pentingnya mereka menyalurkan hak suaranya, tanpa terkecuali kaum disabilitas. Karena suaranya akan turut menentukan siapa saja yang dapat mencetuskan kebijakan-kebijakan yang pada akhirnya menyentuh tiap aspek dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (Der-JWKS)

 

0 Komentar