Search

Jelang Lebaran Warga Harapkan Jalan Rusak Diperbaiki

Foto : Ruas Jalan ke Kelampai yang sedan diperbaiki 

“Bapak salah, mengapa bapak main masuk-masuk jak, sudah tau ada mobil di depan, dengar aba-aba kami juga”, ujar penunggu meeting kepada seorang pengendara mobil yang sempat beradu mulut dengan pengemudi mobil lainnya yang terjebak diantara kubangan lumpur. Kejadian itu sendiri terjadi pada hari Selasa, 12 April 2022 di jalan arah Klukup Belantak ke Kelampai, Kecamatan Kendawangan.

Meeting sendiri merujuk pada jembatan/jalan darurat yang dibuat oleh warga setempat dari potongan kayu yang disusun untuk memudahkan pengguna jalan melewati jalan yang rusak. Si pengguna jalan sendiri harus memberikan iuran yang bervariasi mulai dua ribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah atau lebih tergantung jenis kendaraan dan beban muatan.

Ruas jalan dari Pagar Mentimun hingga Kelampai sendiri terdapat kurang lebih sepuluh meeting yang harus dilalui oleh pengguna jalan. “Ya, mau gimana lagi memang kalo kita tidak bayar, tidak enak juga, mereka sudah buat jalan darurat di jalan-jalan yang kondisinya buruk, kalau tidak ada meeting kita susah juga, bisa-bisa kepetak lalu nginap di jalan, jadi kalau pakai mobil biasa begini paling tidak siap lima puluh ribu untuk meeting pulang-pergi”, ungkap Yadi salah satu pengendara mobil yang melintas.

“Kami berharap pemerintah dan pihak terkait memperbaiki jalan-jalan yang rusaklah, apalagi ini masih sering hujan dan jalanpun makin rusak, sementara lebaran Idul Fitri tinggal dua mingguan lagi”, ujar Ahmad salah satu warga yang sering melintasi jalan yang rusak.

Tidak hanya jalan ruas ke Kelampai saja yang rusak dan butuh perhatian, beberapa kecamatan juga mengalami hal yang sama. “Ya kadang simalakama juga ya, jalan rusak mengapa tidak diperbaiki, jawabannya status jalan juga dapat menjadi kendala, misal itu jalan Kabupaten atau Provinsi atau bahkan Nasional, jadi itu kewenangan siapa, tapi masyarakat kan inginnya jalan itu diperbaiki dan dibuat menjadi baik”, pungkas Ahmad kembali.

Beberapa jalan memang sedang diperbaiki, seperti yang dialakukan antara Klukup Belantak dan Kelampai. Terlihat alat berat dengan tempelan CSR perusahaan sedang menimbun jalan yang rusak dengan tanah laterit. Semoga kondisi jalan-jalan yang rusak ini segera membaik, agar aktivitas warga tidak terhambat, apalagi jelang Idul Fitri. (Har-JWKS)

 

0 Komentar