Search

Dicky : Ini Pengalaman Pertama Menggunakan Kamera Besar

 

Dicky JW yang Praktek Mengoperasikan Kamera
“Wah ini pengalaman pertama ya, mengoperasikan kamera video besar untuk liputan”, ujar Dicky salah satu peserta Workshop yang dilaksanakan oleh Jurnalisme Warga Kayong Solidaritas (JWKS) pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Mahasiswa yang berasal dari Desa Sengkuang Merabung, Kecamatan Air Upas ini mengaku tertarik pada dunia jurnalistik. “Saya memang ada ketertarikan untuk membuat produk-produk jurnalistik seperti berita dan video, beruntung saya bergabung dengan JWKS, sehingga minat bakat say aini semakin terasah”, ungkap pemuda yang aktif di berbagai organisasi kepemudaan ini.

JWKS sendiri adalah sebuah komunitas warga yang lahir dengan mengusung semangat the voice of voiceless atau menyuarakan suara-suara yang tak terdengar. “Semua bisa menjadi pewarta, tapi tentunya pewarta yang memiliki konsep jurnalistik yang baik, kita tahu media sosial menjadi salah satu media yang dapat menjadi wadah bagi warga untuk mengabarkan peristiwa, kejadian, kegiatan atau hal lainnya”, ujar Petrus Dedek salah satu penggiat jurnalis warga.


Suasana Workshop JWKS

Komunitas jurnalis warga memang menjadi media belajar bersama bagi anggotanya untuk mengasah ketrampilan dan pengetahuan di bidang jurnalistik. Seperti yang dilakukan hari itu dalam kegiatan Workshop Dasar Jurnalistik bagi JW.

“JW yang lebih terampil akan berbagi dengan JW lainnya, dan ini terjadi transfer knowledge yang baik, seperti yang saya rasakan, saya banyak belajar dengan bang Atek”, ungkap Dicky kembali.

JWKS sendiri yang berpartisipasi dalam dalam program The Asia-Pasific Regional Support for Elections and Political Transisition (RESPECT) menggiatkan literasi dan edukasi tentang giat demokrasi di tengah masyarakat lewat produk dan liputannya. “Bicara demokrasi tak melulu tentang pemilu, namun bisa juga dengan giat-giat demokrasi di lingkungan kita, misalnya kampus”, ungkap Desya salah satu Mahasiswi yang menjadi peserta workshop.

Partisipasi warga dalam aktivitas JW ini diharapkan dapat menjadi bagian kecil usaha untuk memantik semangat dari masyarakat tentang literasi dan edukasi bagi giat berdemokrasi, semoga. (Sil-JWKS).

0 Komentar