Search

Review Singkat Pilkada Ketapang 2020 bersama Ari As'ari Anggota KPUD Ketapang

 

JWKS seperti apa review gambaran umum pelaksanaan Pilkada 2020 ini?

Ari As’ari (Komisioner KPUD Ketapang) : “Secara umum Pilkada berjalan dengan baik, sesuai tahapan. Semua paslon dan masyarkat serta pemilih berpartisipasi aktif dalam mendukung pilkada ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak keamanan dalam hal ini TNI POLRI yang telah banyak membantu KPU. Secara umum gambaran Pilkada 2020 Kabupaten Ketapang angka Partisipasi meningkat cukup tajam di angka 70,26%. Capaian ini sangat baik bagi demokrasi di Ketapang, karena semua terlibat aktif mensukseskan Pilkada 2020. Walaupun di masa pandemi, masyaraka dan pemilih banyak hadir dalam pemilihan di TPS masing-masing”.

JWKS : seperti apa gambaran penggunaan Aplikasi SIREKAP?

Ari As’ari (Komisioner KPUD Ketapang) : “Khusus SIREKAP dalam penerapan karena kita kendala geografis dimana kendala desa banyak yang terkendala oleh koneksi sinyal internet yang baik, tentu ini menjadi kendala. Secara umum SIREKAP ini memudahkan setiap orang dalam melihat hasil Pemilu secara online. Hanya catatannya harus ada koneksi internet yang baik. Begitu pungut hitung sudah selesai, maka teman-teman KPPS harus meng-upload hasil penghitungan di tiap-tiap TPS. Memang catatan 2020 ini SIREKAP hanya menjadi pendamping dimana yang menjadi acuan nanti tetap hasil manual dari tiap jenjang yang telah disahkan”.

JWKS : Untuk masukan bagi pelaksanaan Pilkada ke depan?

Ari As’ari (Komisioner KPUD Ketapang) : “Pilkada 2020 ini banyak catatan yang sangat baik ada di penyelenggara, paslon maupun pemilih. Misalnya di tingkat penyelenggara dalam masa Pandemi, Pilkada menjadi tantangan tersendiri dalam menerapkan protokol Covid. Kita harus taat asas dan taat protocol Covid, kita bersyukur di Ketapang kita taat akan protokol tersebut. Sebelum pungut hitung petugas ad hoc kita wajib rapid test, untuk pemilih sendiri ternyata sangat antusias datang ke TPS. Kita mengatur ritme jam hadir di TPS, mungkin ini meyakinkan bagi para pemilih. Untuk Paslon dalam masa pandemi ini calon dituntut kreatif dalam materi kampanye, jadi dibatasinya rapat umum maka banyak kreasi dari calon yang kreatif dan ini kami nilai efektif. Mudah-mudahan ini menjadi catatan positif”.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang mensukseskan Pilkada 2020 terutama kita juga mengucapkan terima kasih pada pihak keamana yang sangat membantu”.

Disarikan dari wawancara singkat via telepon oleh JWKS dengan Ari As’ari Komisioner KPUD Kabupaten Ketapang


0 Komentar