Search

Suasana Pencoblosan di TPS 18 Kelurahan Sukaharja


 

Foto : suasana TPS 18 Kel. Sukaharja, tak terlihat antrian yang ramai dari warga

Rabu, 09 Desember 2020, warga sekitar kawasan Sukaharja mendatangi TPS 18 yang beralamat di Jl Dalong atau tepatnya di depan perumahan BTN Lembayung Asri. Tak terlihat kepadatan yang begitu berarti mengingat panitia telah mensetting waktu pencoblosan bagi warga.

Secara keseluruhan proses pencoblosan yang diikuti warga berjalan lancar dan cepat tanpa ada antrian yang panjang. Hanya saja ketika pertama masuk ke lokasi TPS  ada hal yang kurang berkenan yakni sampah bekas berupa tisu dan beberapa plastik sarung tangan yang digunakan warga saat mencoblos yang terlihat berserakan.

Foto : Hanya aspek kebersihan yang mesti ditingkatkan kedepannya

Hal yang perlu mendapat perhatian yakni beberapa pemilih bahkan beberapa petugas saksi  pemilu yang berada di lokasi TPS terlihat membawa anak-anak. Padahal membawa anak-anak sangat tidak dianjurkan dalam proses pilkada yang diselenggarakan ditengah pandemic Covid 19 ini.

Animo anak muda untuk melaksanakan hak pilih juga belum tampak antusias. Menurut salah seorang warga yang berada dilokasi, dari awal proses pencoblosan berlangsung mengungkapkan minimnya anak muda yang datang untuk mencoblos. “Hanya baru dua orang anak muda yang terliha memilih dari tadi hingga pukul 11 ini, itupun laki-laki semua, yang perempuan belum terlihat”, ujar warga yang tak mau disebutkan namanya tersebut.

Namun banyak juga pemilih lansia yang datang ke TPS  demi menggunakan hak pilihnya. Mereka dilayani dengan baik oleh para petugas. Ketika datang ke TPS, pemilih lansia tersebut dipandu ke arah tempat duduk serta dilakukan pengecekan suhu tubuh sesuai protokol kesehatan.

Di TPS 18 Kelurahan Sukaharja sendiri  protokol kesehatan dilakukan dengan baik. Mulai warga datang ke TPS telah mengenakan masker kemudian mereka diarahkan cuci tangan, dicek suhunya dengan thermo gun, mengenakan sarung tangan plastik dan menjaga jarak antrian.

Secara umum dari pengamatan JWKS, pelaksanaan pencoblosan di TPS 18 Kelurahan Sukaharja berlangsung cukup baik. Penerapan protokol kesehatan juga tertib dilaksanakan walau perlu peningkatan kebersihan terutama APD bekas yang digunakan oleh pemilih. TPS 18 pun terlihat tidak ada petugas keamanan yang secara khusus berjaga, hanya beberapa warga dan panitia yang terlihat memantau situasi.

Peran warga dalam memilih juga cukup baik, namun animo anak muda yang masih belum maksimal. Tentu hal ini harus menjadi perhatian dalam sosialisasi mengenai Pemilu di masa mendatang khususnya bagi anak muda.
 
Ditulis oleh   : Regina (JWKS)
Editor            : Tim JWKS


0 Komentar