Search

Geliat Pilkada di Warung Kopi

 

Salah satu sudut Warkop di Kawasan Pasar Baru

Suasana perhelatan pilkada serentak termasuk Kabupaten Ketapang yang akan dilaksanakan pada tanggal 09 Desember nanti mulai terasa. Hal ini cukup dirasakan di tempat-tempat dimana warga biasanya berkumpul, salah satunya di warung kopi. Tempat dimana banyak warga dari berbagai latar belakang bercengkrama.

Salah satu kawasan warung kopi yang ramai dipadati oleh warga adalah di kawasan Pasar Baru. Pasar Baru sendiri adalah salah satu pusat perbelanjaan yang legendaris di Kabupaten Ketapang. “Ramai orang ngopi di warkop-warkop yang ada di sekitar sini, banyak yang diomongkan salah satunya pilkada tentunye yang paling hangat”, ungkap Bayu yang berprofesi sebagai juru parkir di kawasan pasar baru.

“Biasanya memang para tim suskes pun banyak mangkal disini, mungkin karena warkop merupakan tempat yang ramai dikunjungi warga, jadi sarana tepat juga buat sosialisasi para tim sukses”, ujar Adi salah satu pengunjung di sebuah warung kopi.

Keramaian warga di warung kopi ini sendiri menjadi rejeki bagi beberapa sektor tentunya baik dari pemilik warkop, tukang sol sepatu, juru parkir maupun toko disekitarnya. Namun disayangkan banyak dari pengunjung belum memiliki kesadaran yang baik tentang tertib mengenakan masker.

“Harapan kita warga dapat berpartisipasi dalam even demokrasi ini, namun tetap harus memperhatikan protokol kesehatan, karena memang penyelenggaraan pilkada ini sangat berbeda dari sebelumnya yang mana kita melkasanakannya ditengah pandemi, maka taka da pilihan kita harus tertib jaga jarak, rajin cuci tangan dan kenakan masker”, tegas Ari As’ari salah satu komisioner KPUD Ketapang yang membidangi bagian sosialisasi.

“Perlu juga digencarkan sosialisasi penerapan protocol kesehatan secara massif, termasuk di warung kopi ya, jadi tidak hanya partisipasi politik saja namun peduli akan kesehatan bersama”, timpal Fauzan salah satu warga Ketapang.

Berdiskusi dan bersilahturahmi di warung kopi memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat Ketapang. Pada suasana biasa-biasa saja pengunjung cukup ramai apalagi menjelang even-even politik seperti pilkada yang membuat suasana menjadi lebih ramai dan hangat. Namun menerapkan protocol kesehatan juga harus menjadi perhatian bersama untuk dierapkan secara tertib. (Nom-JWKS)

 

 

 

0 Komentar