Search

JWKS, CUPS, FPU dan PPMN Sepakat Edukasi Pencegahan Penyebaran Covid 19


Spanduk Edukasi yang di pasang di Semayok Sungai Melayu
“Mari Bersama Kite Lawan Covid-19”, sepenggal kalimat yang tertera di 12 spanduk yang juga dipasang di 12 wilayah. Isi spanduk itu sengaja menitik-beratkan pada bagaimana covid-19 menular dan cara pencegahannya.

“Bahasa yang kita gunakan memang bahasa Melayu Ketapang, bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti masyarakat”, cetus Silvi salah satu anggota komunitas Jurnalis Warga Kayong Solidaritas (JWKS).

Bukan tanpa alasan mengenai penggunaan bahasa daerah ini memang sengaja dilakukan mengingat memang khususnya masyarakat di pedalaman lebih familiar dengan bahasa daerah, dan pastinya agar tujuan edukasi tercapai.

Spanduk edukasi ini sendiri terselenggara atas dukungan Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) dan Free Press Unlimited (FPU) serta Credit Union Pancur Solidaritas. “Spanduk ini kita pasangn di 12 wilayah pengembangan CUPS yang tersebar di pedalaman”, timpal Silvie kembali.

Masyarakat menyambut positif dengan pemasangan spanduk ini, salah satunya pak Kadir yang juga merupakan warga Kecamatan Singkup. Ia mengaku penitikberatan bahwa pencegahan Covid-19 ini ketika virus itu masuk lewat mata, hidung dan mulut yang potensinya biasanya akibat kita sering menyeka area wajah dengan tangan yang tidak bersih atau terpapar.

“Selama ini kan kite taunye besenggolan jak udak kena, tapi rupanya ndak seperti itu, nah edukasi seperti ini harus terus menerus dilakukan, yang penting juga memberi pengertian ke warga agar tak memberi stigma negative pada PDP dan keluarganya”, ujar banpak yang juga memiliki ketrampilan sebagai tukang ini.

Kita memang tak boleh lelah untuk terus memberikan informasi dan edukasi yang benar bagi warga. Tentu tujuan akhir dari hal ini adalah memutus rantai penyebaran covid-19 di tengah warga. JWKS, PPMN, FPU dan CUPS adalah beberapa elemen yang juga berinisiatif untuk mengedukasi warga dalam pencegahan covid-19. Semoga saja kpandemi ini segera berakhir, semoga. (id-JWKS)
Tumbang Titi
Nanga Tayap
Air Upas

Singkup

Kendawangan
Nek Doyan
Marau


Manismata
Jelai Hulu

Sandai

Benua Kayong