Search

JWKS Dukung Media Lawan Covid-19

Penerapan social physical dalam pertemuan JWKS
Pandemi Covid-19 telah melanda seluruh dunia. Virus yang ditengarai muncul pertama kali di Wuhan Tiongkok ini pada akhir 2019 silam ini saat ini penyebarannya sudah sampai di Indonesia bahkan juga di wilayah kita.

Data dari Posko percepatan dan penanganan Covid-19 per 11 April 2020, pasien dengan konfirmasi positif sampai dengan hari ini berjumlah 1 orang, Pasien Dalam Pemantauan (PDP) berjumlah 1 orang, orang yang hasil rapid test-nya reaktif berjumlah 8 orang, Orang dalam Pemantauan (ODP) sampai dengan hari ini berjumlah 140 orang yang tersebar di 15 kecamatan, 34 desa/kelurahan.

Tentu hal ini perlu ada usaha bersama dari tiap elemen untuk bahu-membahu melawan dan memutus rantai penyebaran Covid-19 ini. Himbauan pemerintah untuk gerakan stay at home, mencuci tangan dengan sabun dan memakai masker harus disosialisasikan terus menerus.

Jurnalis Warga Kayong Solidaritas (JWKS) mengambil bagian dalam gerakan media lawan covid-19. Beberapa strategi kampanye dan penyadaran disusun untuk semakin memberi pemahaman bagi masyarakat terkait Covid-19.
Foto : Salah satu anggota JWKS membuat konsep kampanye pencegahan Covid 19 dengan bahasa daerah
“Konstruksi informasi dan berita tentang optimisme dan motivasi mengenai kondisi ini bisa segera pulih kita tumbuhkan bersama di masyarakat, tentu harus ada usaha yang serius dari semua untuk mematuhi anjuran dari pemerintah dan WHO”, ungkap Petrus Dedek salah satu Jurnalis Warga.

“Kita sadar masyarakat dan kita semua akhir-akhir ini banyak mendapat informasi dan berita-berita dari media sosial, bayangkan bila yang dibaca itu info yang salah atau hoax dan memunculkan kekhawatiran yang berlebihan, kan ini tidak baik bagi kita, nah kita bisa ambil peran dengan mengkonstruksi hal-hal positif, info edukatif dan lain-lain, kita percaya dengan semangat gotong royong, bersama-sama kita bisa lewati masa sulit ini”, timpal Silvi yang juga anggota JWKS.

Program Jurnalis Warga ini sendiri didukung oleh Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) yang memiliki kepedulian untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam meng-informasikan tentang peristiwa dan informasi apa yang terjadi di lingkungannya.

Media sebagai salah satu kompenen yang ikut berperang melawan covid-19 diharapkan mampu menghadirkan informasi yang benar-benar informatif dan mengedukasi pembacanya. Karena dengan pengetahuan yang baik maka hal ini dapat mencegah korban lebih banyak lagi serta memutus rantai penyebaran Covid-19. Ayo bersama dengan kapasitas kita melawan covid-19. (Blas-JWKS)