Search

JWKS Bantu Bagikan Hand Sanitizer Warga yang Terdampak Covid-19

Foto : Para JW mengisi botol refill dengan cairan hand sanitizer yang dibeli dari Apotik yang kemudian akan dibagikan
“Takut juga dengan wabah virus Corona, tapi gimana lagi harus tetap cari uang, bantu orang tua”, ujar Supriadi bocah 13 tahun, penjual Krupuk di kawasan bundaran jalan S. Parman Ketapang.

Malam itu Sabtu, 11 April 2020 anggota Jurnalis Warga Kayong Solidaritas (JWKS) berkeliling untuk memberikan bantuan hand sanitizer bagi warga yang terdampak covid-19, yakni mereka yang harus tetap bekerja khususnya di tempat-tempat yang beresiko.
Foto : Petrus Dedek anggota JWKS memberikan Hand Sanitizer bagi Supriyadi (14 th)

“Memang tidak banyak ya masih terbatas, tapi kita berikhtiar menumbuhkan solidaritas bersama untuk turut berperan melawan covid 19”, ungkap Haryadi salah satu anggota JWKS.
Anjuran pemerintah untuk “stay at home” dan “work from home”, memang tak bisa sepenuhnya diilaksanakan oleh semua warga. Ada yang memang harus tetap bekerja supaya tetap dapat menghidupi keluarga. Berbagai profesi seperti tukang parkir, penjual sayur dan ikan, pedagang kecil dan lain-lain, tak memiliki pilihan selain harus tetap bekerja.

Tentu hal ini harus didukung dengan kesadaran dari warga itu sendiri untuk melengkapi diri dengan standar pengamanan kesehatan agar tak terpapar covid-19, misalnya penggunaan masker dan sering mencuci tangan. Selain itu banyak juga warga yang memang tak memiliki kemampuan untuk dapat membeli masker yang layak.
Add caption



Beberapa warga yang mendapat bantuan hand sanitizer dari JWKS
Hal ini harus menumbuhkan semangat kebersamaan dan solidaritas dari semua untuk bahu membahu meringankan hal ini. “Minimal yang bisa dilakukan adalah membuat masker kain sederhana namun memiliki standar keamanan juga, dan untuk para pedagang masker ya jual-lah sesuai harga yang dapat terjangkau masyarakat/standar harga, jangan ambil kesempatan, saatnya kita ber-empati”, ujar Dantri salah satu anggota JWKS.

Dari 15-an anggota JW masing-masing mendistribusikan 5 botol ke warga yang terdampak. Hand Sanitizer ini sendiri dibeli di apotik dan diisi ke botol-botol/wadah isi ulang. Kegiatan ini sendiri sebagai bentuk kepedulian dan komitmen JWKS dalam melawan Covid-19. (And-JWKS).