Search

MEMBERI KESEMPATAN PEREMPUAN TAMPIL

Banyak orang melihat bahwa perempuan hanyalah sebagai pendamping seorang pria, artinya yang sangat berperan penting adalah pria dan pada akhirnya wanita hanya dipandang sebelah mata tetapi pada dasarnya seorang wanita dan pria sama-sama ciptaan yang saling melengkapi maka tidak ada salahnya jika perempuan dan laki-laki sama-sama tampil dan saling melengkapi.

Kalimat memberi kesempatan tampil disini adalah sebuah ungkapan inklusif yang didorong oleh konstruksi yang terjadi dan dirasakan di masyarakat selama ini. Perempuan lebih dipandang hanya sekedar pelengkap karena fungsinya hanya di sector domestic. Hal inilah yang mesti dikonstruksi ulang. 

Pemahaman akan kesetaraan gender dimana memiliki maksud untuk memberikan peran dan peluang yang sama bagi siapapun termasuk wanita. Hal ini dapat dimulai dari unit terkecil yakni keluarga. Bagaimana peran perempuan baik itu ibu maupun anak perempuan  harus memiliki porsi yang seimbang dengan ayah atau anak laki-laki.  

Hal yang sederhana dapat dilakukan mulai dengan pembagian tugas keluarga secara bersama-sama dan penuh rasa tanggung jawab, mulai dari mengerjakan pekerjaan rumah tangga secara bersama. Tentu ini menjadi pendidikan yang baik terutama bagi anak dimana bukan hal yang tabu ketika anak laki-laki harus mencuci piring tapi lebih ke rasa tanggung jawab.  

Selain itu bagaimana mendorong perempuan untuk percaya diri berpendapat, menentukan sikap bahkan diberi tanggung jawab mengkoordinir mulai dari berorganisasi hingga karir. Akhir dari kesetaraan dan keseimbangan ini tentu adalah kebahagiaan bersama yang memiliki makna yang luas. Kebahagiaan untuk diakui, dipercaya dan diberi kesempatan yang sama untuk tampil.
Oleh : Daryanto