Search

Mengapa Mencuci Muka Sebelum Tidur Penting Dilakukan?

4 Manfaat Penting Cuci Muka sebelum Tidur

Setelah seharian beraktvitas, merebahkan diri di kasur nampaknya jadi hal yang paling dinanti. Keinginan ini terkadang mengalahkan hal lain yang semestinya Anda lakukan, seperti mandi atau sekadar mencuci muka. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa cuci muka sebelum tidur ternyata punya banyak manfaat?

Manfaat dibalik terbiasa cuci muka sebelum tidur


Mencuci muka sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, tetapi tak perlu sering-sering. Menurut American Academy of Dermatology, mencuci wajah beberapa kali dalam sehari ternyata bisa menimbulkan iritasi kulit. Akibatnya, wajah Anda semakin rentan terkena jerawat.

Oleh karena itu, para ahli menyarankan agar mengurangi kebiasaan tersebut dengan cuci muka dua kali sehari, yaitu saat pagi hari dan sebelum tidur.

Lantas, mengapa cuci muka sebelum tidur di malam hari penting sekali? Ini dia jawabannya.

1. Mengurangi risiko munculnya jerawat di wajah


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat dari cuci muka sebelum tidur dapat mengurangi risiko munculnya jerawat pada wajah Anda.

Setelah seharian beraktivitas, minyak, debu, dan kotoran sangat mudah menempel di wajah. Belum lagi, kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan membuat wajah semakin kotor.

Ini karena kuman-kuman yang menempel di tangan dengan mudahnya berpindah ke kulit wajah. Jika dibiarkan begitu saja bahkan setelah Anda pulang ke rumah, wajah sangat rentan berjerawat.

Oleh karena itu, mencuci muka pada malam hari sebelum tidur dapat mengurangi bakteri dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori wajah.

2. Membantu melembapkan kulit wajah


Secara alami kulit akan memperbaiki dan memulihkan dirinya sendiri di malam hari saat seseorang sedang terlelap.

Sementara di siang hari, kulit wajah akan bekerja dengan melawan segala jenis bahaya seperti sinar UV, polusi, dan kotoran di sekitar Anda.

Nah, mencuci muka di malam hari dapat membantu kulit mengendalikan kerusakan kulit. Selain itu, kebiasaan ini juga membantu memaksimalkan efek dari produk perawatan yang Anda pakai salah satunya pelembap.

Menggunakan pelembap di malam hari setelah membersihkannya membuat kulit terhindar dari kekeringan.

Di malam hari, pelembap wajah yang digunakan punya banyak waktu untuk bisa menyerap secara maksimal ke dalam kulit.

3. Dapat mengurangi kerut di wajah


Selain memaksimalkan efek pelembap pada kulit wajah, cuci muka sebelum tidur ternyata memiliki manfaat penting, yaitu mengurangi kerutan di wajah.

Salah satu penyebab mengapa keriput di wajah terus bertambah yaitu kulit terlalu sering terpapar sinar UV. Hal ini membuat tanda penuaan dini muncul di kulit wajah Anda.

Paparan sinar UV dapat memecah jaringan ikat kulit, seperti kolagen dan elastin yang terletak pada lapisan kulit yang lebih dalam.

Jika jaringan ikat terpecah, kulit Anda akan mulai kehilangan fleksibilitas dan lebih mudah menimbulkan kerutan di wajah.

Selain itu, radikal bebas yang ada di lingkungan sekitar juga memengaruhi kesehatan kolagen.

Oleh karenanya, mencuci wajah pada malam hari sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Tujuannya yaitu agar kulit tidak perlu lagi mengeluarkan energi tambahan untuk menangkal radikal bebas yang menempel.

4. Mencegah infeksi mata


Terbiasa tidak mencuci wajah pada malam hari ternyata memengaruhi kesehatan mata Anda lho. Mengapa demikian?

Menurut dr. Eric Schweiger, seorang ahli dermatologi dari New York kepada Huffpost, ada beberapa efek samping yang bisa muncul.

Misalnya, tidak menghapus maskara atau eyeliner sebelum tidur dapat menyebabkan infeksi mata. Pasalnya, riasan mata ini bisa masuk ke mata saat Anda misal menggosok mata ketika tidur.

Akibatnya, mata Anda lebih berisiko terkena iritasi dan menyumbat folikel rambut dan kelenjar minyak pada kelopak mata.

Jika hal tersebut terjadi, bakteri bisa menumpuk dan menyebabkan peradangan yang bisa menimbulkan benjolan kecil di kelopak mata.

Oleh karenanya, cuci muka sebelum tidur sangat perlu dilakukan agar kondisi di atas tidak terjadi pada Anda. Namun, pastikan untuk menggunakan eye remover terlebih dahulu.

Tujuannya untuk memastikan tidak adanya sisa maskara atau eyeliner di daerah mata.

Setelah mengetahui apa saja manfaat penting cuci muka sebelum tidur, mulai sekarang, usir rasa malas yang datang.

Jika Anda ragu, konsultasikan kepada dokter atau ahli dermatologi untuk menentukan rutinitas perawatan kulit apa yang cocok untuk Anda.

0 Komentar