Search

Mengenal Sustainable Development Goals (SDG)

Ilustrasi Piramid Sustainable Development Goals (SDGs)
Akhir-akhir ini kita akan lebih sering mendengar Sustainable Development Goals (SDG), namun apakah kita tahu apa itu SDG, maka JWKS akan merangkumnya.

Pada 25 September 2015 silam, tepatnya di markas PBB New York, berkumpul kurang lebih 193 kepala negara, termasuk Indonesia yang diwakili oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla. Pada pertemuan itu secara resmi mengesahkan Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) sebagai kesepakatan pembangunan global. 

Adapun tema yang diusung adalah "Mengubah Dunia Kita: Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan". SDGs sendiri berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang merupakan bagian dari rencana aksi global untuk 15 tahun ke depan yakni sejak 2016 hingga 2030. Tujuannya adalah untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs ini berlaku bagi seluruh negara atau bersifat universal. Jadi seluruh negara tanpa kecuali baik itu negara maju ataupun berkembang memiliki kewajiban moral untuk mencapai Tujuan dan Target SDGs.

SDGs sendiri dalam penyusunannya penuh dengan semangat partisipatif dengan melibatkan seluruh aktor pembangunan, baik itu Pemerintah, Civil Society Organization (CSO), sektor swasta, akademisi, dan sebagainya. Kurang lebih 8,5 juta suara warga di seluruh dunia juga berkontribusi terhadap Tujuan dan Target SDGs ini. 

Adapun prinsip utama dari SDGs adalah Tidak Meninggalkan Satu Orang pun. Dengan prinsip tersebut setidaknya SDGs harus bisa menjawab dua hal yaitu, Keadilan Prosedural yaitu sejauh mana seluruh pihak terutama yang selama ini tertinggal dapat terlibat dalam keseluruhan proses pembangunan dan Keadilan Subtansial yaitu sejauh mana kebijakan dan program pembangunan dapat atau mampu menjawab persoalan-persoalan warga terutama kelompok tertinggal.

Berikut ini adalah 17  tujuan SGDs
1.    No Poverty (Tanpa kemiskinan)
2.    Zero Hunger (Tanpa kelaparan)
3.    Good Health and Well-being (Hidup sehat dan sejahtera)
4.    Quality Education (Pendidikan berkualitas)
5.    Gender Equality (Kesetaraan gender)
6.    Clean Water and Sanitation (Air dan sanitasi bersih)
7.    Affordable and Clean Energy (Energi bersih dan terjangkau)
8.    Decent Work and Economic Growth (Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi)
9.    Industri, Innovation and Infrastructure (Industri, inovasi, dan infrastruktur)
10.    Reduced Inequalities (Berkurangnya kesenjangan)
11.    Sustainable Cities and Communities (Kota dan komunitas berkelanjutan)
12.    Responsible Consumption and Production (Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab)
13.    Climate Action (Penanganan perubahan iklim)
14.    Life Below Water (Ekosistem laut)
15.    Life on Land (Ekosistem darat)
16.    Peace, Justice and Strong Institutions (Perdamaian, keadilan, dan institusi kuat)
17.    Partnerships for The Goals (Kemitraan untuk mencapai tujuan)

SDGs menjadi panduan dari gerakan bersama untuk menciptakan perubahan untuk dunia yang lebih baik. Maka menjadi tugas kita bersama bagaimana setiap kerangka aksi dapat tersinergi dan berkorelasi pada 17 fous yang ada. (JWKS)