Search

Kalimantan Memang Tidak Termasuk “Ring of Fire” tapi Masuk “Ring of Smog”

Peta yang menunjukkan Ring of Fire
Peta Kebakaran Hutan dan Lahan update BNPB 12 Sept 2019

Meme/lelucon sebagai sindiran satir terhadap bencana kabut asap yang saat ini melanda beberapa wilayah Indonesia termasuk Kalimantan. Bila salah satu alasan pemindahan ibu kota RI adalah mencari wilayah yang tak terpapar bencana khususnya Gempa maka Kalimantan menjadi pilihannya dan itu telah diputuskan pemerintah.

Namun Kalimantan bukan tanpa resiko bencana, seperti yang terjadi saat ini di pertengahan September 2019 beberapa wilayah kualitas udara masuk ke status sangat berbahaya. Bencananya tak lain adalah kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Sebuah bencana buah tangan manusia yang selalu menjadi agenda tahunan.

Seperti di rilis oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) pada Rabu, 11/09/2019 tercatat adanya 5.062 titik api yang tersebar di sejumlah provinsi di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Dari semua provinsi yang masih mengalami karhutla itu, Kalimantan Tengah menjadi yang terparah dengan 1.220 titik panas. Disusul oleh Kalimantan Barat dengan 923 titik panas.

Melihat fakta itu maka tak salah Kalimantan masuk ring of smog. Bahkan di media social ada meme yang mendiskripsikan seseorang dikenal asalnya karena baunya. Itu terlihat dari ilustrasi pasangan cowok dan cewek yang terlibat percakapan. Si cewek beranya “Mas dari Ketapang ya?”, cowoknya menjawab “Oh kog mbak tau”, “Masnya bau asap sih”, kata si cewek dengan ketus. (Har-JWKS)