Search

Terminal Payakumang yang Kian Sepi

Foto : Suasana Terminal Payakumang Selasa  06/08/2019

Terminal adalah salah satu infrastruktur layanan publik di bidang transportasi yang wajib dimiliki oleh tiap kota kabupaten. Kabupaten Ketapang sendiri memiliki satu-satunya terminal transportasi darat yakni di kawasan Paya Kumang atau jalan Sutoyo.

Namun keberadaan terminal itu kian sepi, seperti terlihat pada Selasa, 06/08/2019 sekitar pukul 10:00 WIB hanya beberapa mobil milik pribadi saja terlihat di situ, suasana pun terlihat lenggang.

“Bis paling dari Teluk Batang, sesekali Damri” ujar Bagio warga di sekitar terminal. Ia mengaku hal seperti ini sudah berlangsung tahunan. “Empat, lima tahun ini makin sepi, mungkin orang udah pada punya kendaraan”, ujarnya menganalisa.

Sepinya kawasan ini disiang hari tak terjadi ketika malam hari tiba. Suasana di sekitar ketika malam terlihat ramai dengan keberadaan kafe-kafe di sisi kiri dan kanan terminal. Dentuman house music pun terdengar bersahutan.

Rupanya ketika malam hari tiba kawasan itu menjadi kawasan hiburan malam. “Ramailah kalo malam di terminal ini, khususnya di café-café itu”, ungkap Bagio kembali menunjuk kawasan dimana warung-warung kecil beroperasi.

Perlu langkah strategis dari pihak terkait untuk menghidupkan kembali terminal sesuai dengan fungsinya agar tidak disalahgunakan menjadi kawasan yang bukan sesuai peruntukannya. (Bayu-JWKS)