Search

Nelayan Keluhkan Steigher di Pelabuhan TPI Sukadana yang Rusak

Foto : Kondisi lantai steigher TPI KKU yang rusak

Foto : terlihat papan lantai yang telah berpatahan

“Memprihatinkan kondisi papan lantai di steigher ni mungkin dah factor usia juga, tapi baiknya pemerintah tanggap”, ujar Manto salah satu warga Sukadana yang juga berprofesi sebagai nelayan saat ditemui Sabtu 29 Juni 2019. Dari penuturannya ia mengaku para nelayan mesti berhati-hati dengan kondisi lantai yang sudah bolong dan terkesan rapuh ini.

Pelabuhan TPI Sukadana sendiri terletak sangat strategis di tikungan pasar lama di Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Di depannya ada sebuah Klenteng yang cukup besar, dan di bagian lainnya tak jauh di sana ada Mesjid Agung Oesman Al Khair.

Dari TPI ini terlihat indahnya potensi wisata yang ada di KKU dimana kita dapat melihat pemndangan tepian laut nan indah. Namun rusaknya lantai stegher cukup mengganggu tidak hanya nelayan namun juga bagi para pengunjung yang akan melihat pemandangan dari sana. Selain itu kondisi pasar dekat TPI di pagi hari juga terlihat sepi.

“Dulu cukup ramai waktu pasar ikan masih disini, tapi ketika dipindahkan menurun drastis keramaiannya, bahkan banyak toko-toko baru buka jam 9-an”, ungkap Heni salah satu warga yang menceritakan kondisi pasar dekat TPI saat ini.

“Mungkin perlu penataan dan tentunya perbaikan salah satunya steigher itu, diharapkan dengan hal tersebut maka para tamu atau wisatawan yang berkunjung akan banyak memanfaatkan untuk melihat pemandangan, sehingga jadi ramailah”, ujar Wati salah satu warga yang tinggal di belakang pasar.

Usulan warga ini tentu harus direspon oleh pemerintah dengan perbaikan terhadap lantai steigher yang rusak itu. Tentu factor keamanan dan kenyamanan para pengguna steigher itu harus menjadi prioritas utama. (Mos-JWKS)