Search

Samsat, Layanan Publik Sistem Administrasi Satu Atap

foto : Pelayanan di SAMSAT Ketapang
 Sistem administrasi satu atap (Samsat) adalah sebuah sistem yang dibentuk untuk memperlancar kepentingan kepada masyarakat yang semua kegiatannya dilakukan dalam satu atap atau gedung.

Di Kota Ketapang, Samsat beralamat di jalan Jendral Urif Sumoharjo No. 4. Saat ini untuk mengurus dokumen kendaraan bermotor jauh lebih cepat dan mudah, tidak lagi seperti jaman dulu, misalnya untuk mengurus perpanjangan STNK harus mendatangi tiga kantor, Membayar pajak harus datang ke kantor pajak. kemudian membayar Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) dan harus mendatangi kantor Asuransi Jasa Raharja. Dan ke kantor polisi lalu lintas untuk memperoleh STNK, tentu akan memakan waktu 2 sampai 3 hari, karena masing-masing instansi belum terintegrasi. 

Samsat merupakan suatu sistem kerjasama secara terpadu antara Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja (Persero) dalam pelayanan untuk menerbitkan STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang dikaitkan dengan pemasukan uang ke kas negara baik melalui Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJJ), dan dilaksanakan pada satu kantor yang dinamakan "Kantor Bersama Samsat".

Samsat Kabupaten Ketapang juga melibatkan mobil samsat keliling guna kemudahan masyarakat Kabupaten Ketapang yang akan membayar pajak maupun Pelayanan Regident Ranmor yang telah ditempatkan petugas Polri Satlantas Polres ketapang untuk membantu sistem pelayanan yang lebih baik. Namun layanan Samsat keliling ini hanya untuk layanan perpanjangan Pajak, tidak untuk pergantian STNK atau penerbitan surat kendaraan baru.

Pajak merupakan ujung tombak pembangunan sebuah negara. Sehingga sudah sepantasnya sebagai warga negara yang baik untuk taat membayar pajak. Pemerintah Indonesia sudah memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk membayar pajak.

Dengan demikian sudah selayaknya jika setiap individu memahami dan mengerti arti penting peran pajak dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi individu yang bijak taat pajak. Semoga Anda termasuk orang bijak taat pajak.
JWKS (Marselina Idoliana)

0 Komentar