Search

Pelayanan Disdukcapil Ketapang "BISA!"

Masyarakat yang sedang mengantri di Kantor DISDUKCAPIL Ketapang

Waktu masih menunjukkan pukul 10.15 Wib ketika kami datang ke kantor Disdukcapil Ketapang. Panasnya cuaca pada hari itu, Rabu, 29 Mei 2019 tidak menyurutkan antusias warga yang datang berbagai keperluan seperti membuat KTP, Kartu Keluarga ataupun Akte Kelahiran. Informasi yang terkadang mengatakan bahwa membuat KTP atau Kartu Keluarga yang terkesan ribet dan membutuhkan waktu yang lama dan melelahkan, seketika sirna setelah mendengarkan informasi langsung dari pihak Disdukcapil Ketapang.

"Kesadaran masyarakat Ketapang akan pentingnya mengurus kelengkapan identitas  dan administrasi lainnya seperti KTP,KK ataupun Akta Kelahiran serta berbagai perubahan data lainnya semakin hari semakin baik. Hal ini dapat dilihat dari ramainya antrian warga yang datang dan mengurus baik itu KTP, KK ataupun Akta Kelahiran. Dalam sehari dapat mencapai 200 hingga 300 orang . Pelayanan kami sendiri dari hari Senin hingga Jumat dimulai dari pukul 08.00-15.00 Wib. Bahkan terkadang jika ada keperluan yang sungguh-sungguh darurat ,tetap kami usahakan memberikan pelayanan walaupun hari Sabtu." Ujar Doni Megari, salah satu staf FO Disdukcapil Ketapang.

Doni kembali menuturkan bahwa jika kelengkapan yang dibutuhkan  lengkap maka proses pembuatan KTP, KK ataupun Akta Kelahiran tidaklah membutuhkan waktu yang lama.

"Kami menyediakan banner-banner yang memuat informasi segala persyaratan yang diperlukan untuk mengurus KTP,KK ataupun Akta Kelahiran serta perubahan-perubahan data yang lain. Sebagai contoh, pembuatan KTP bisa jadi jadi 30-45 menit saja, jadi bisa ditunggu. Tapi itu semua tergantung dari ketersediaan blangko KTP dari pusat. Jika habis maka akan diberikan pilihan berupa SURKET (Surat Keterangan KTP Sementara)." Tutur Doni.

Bahkan untuk meningkatkan kenyamaan warga yang datang, pihak Disdukcapil Ketapang menyediakan WIFI gratis yang dapat digunakan sambil mereka menunggu proses pelayanan berlangsung. Harus diakui bahwa pada kepemimpinan Bpk. Mansen selaku Kepala Disdukcapil, lembaga ini kian berbenah sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin memuaskan. Beliau berusaha semakin memudahkan pelayanan dengan memangkas alur birokrasi yang dapat memperlambat pelayanan, dengan demikian pelayanan di Disdukcapil Ketapang semakin prima.
 
Jadi, dengan segala kemudahaan dan lancarnya pelayanan Disdukcapil Ketapang kepada masyarakat, maka rasanya tidak ada lagi alasan untuk kita lalai dalam mengurus segala kelengkapan kependudukan yang tentunya sangat kita butuhkan, sesuai dengan slogan Disdukcapil "BISA!!"


Penulis: Mikael Lipo

0 Komentar