Search

Menjelang Lebaran, Pasar Baru Sepi, Tak Seramai Tahun Lalu

Foto : Suasana Pasar Baru Sabtu, 1 Juni 2019 terlihat sepi
Foto diatas diambil pada Sabtu 1 Juni 2019 sekitar pukul 11:00 di kawasan Pasar Baru Ketapang. Terlihat parkiran yang jumlahnya tak seberapa. "Sepi, tak seperti tahun lalu", keluh Fahmi salah satu pedagang baju.

Menurut mereka tahun-tahun sebelumnya H-14 sudah terasa ramai namun saat ini H-5 belum terlihat peningkatan keramaian yang signifikan. "Tahun lalu, parkiran full, nggak ada ruang kosong untuk lewat", ungkap Bayu salah satu juru parkir di kawasan itu.

Mereka pun memiliki analisa tersendiri akan hal ini diantaranya makin banyaknya tempat usaha yang berjualan pakaian, sepatu, sandal dan barang sejenisnya sehingga pembeli lebih menyebar.

"Dulu ada pasar Baru dan pasar lama sekarang lebih banyak pilihan, di R. Suprapto, Panjaitan dan Mall banyak jual barang yang sama, jadi persaingan makin tinggi-lah", ungkap kembali Fahmi mencoba menganalisa.

Namun memang terlihat keramaian di berberapa titik yang disebut oleh Fahmi. Misalnya di jalan R. Suprapto terlihat pembeli yang berbelanja cukup banyak, sampai-sampai parkiran dua lapis menjorok ke jalan.

Kondisi Pasar Baru saat ini memang jauh berbeda dengan masa-masa tahun 1990-an yang menjadi pusat destinasi belanja. Perlu usaha revitalisasi serta inovasi agar dapat menarik pengunjung yang berbelanja ke sini. Kolaborasi dengan pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau dapat menjadi salah satu solusi untuk menarik para pengunjung ke pasar yang terkenal dengan Bobo-nya. (Bayu-JWKS)

0 Komentar