Search

Persit Kartika Chandra Kodim 1203 Ketapang Peduli Mempromosikan Potensi Wisata

Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1203 Ketapang mempromosikan potensi obyek wisata



Suasana senja di Pantai Pecal, Ketapang


“Sekarang kita akan mencoba mengolah masakan ikan Kakap asam pedas masak tempoyak”, ajak seorang ibu kepada ibu-ibu lainnya yang juga menggunakan seragam sebuah organisasi yang didominasi warna hijau army. Demo masak kali itu mengambil lokasi kawasan Pantai Pulau Datok, Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Kita tahu di pantai ini pula Presiden Joko Widodo me-launching kegiatan Sail Karimata pada tahun 2016 silam.

Organisasi itu sendiri adalah Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1203 Ketapang, sebuah organisasi yang beranggotakan istri dari anggota-anggota TNI. Ibu Shanty Jami’an, adalah ketuanya yang juga istri dari Dandim 1203 Ketapang saat ini yakni bapak Letkol Kav Jami'an. Organisasi yang berdiri pada 3 April 1946 ini memang menjadi sarana berkegiatan dan berorganisasi bagi para istri anggota TNI. Kodim 1203 sendiri menaungi dua Kabupaten yakni Ketapang dan Kayong Utara.

Setelah meng-exsplore potensi wisata di KKU dalam bentuk video pendek untuk tujuan promosi mereka juga membuat video pendek dengan tema yang sama di Ketapang. Obyek wisata yang dipilih pun Pantai Pecal, sebuah pantai yang letaknya tak jauh dari pusat kota Ketapang. Disebut Pantai Pecal karena memang pantai ini memiliki ke-khasan wisata kuliner dimana sepanjang garis pantai dipenuhi oleh warung yang semuanya menyediakan pecal.

“Program ini memang digagas oleh TNI dimana TNI juga berperan khususnya lewat peran ibu-ibu Persit juga dalam mempromosikan wisata yang ada di daerahnya”, ungkap Kapten Budi salah satu anggota TNI yang ikut terlibat dalam kegiatan itu. Pada kegiatan yang dilaksankan pada hari Jumat, 30 November 2018 itu terlihat para ibu begitu akrab dengan masyarakat. Bahkan ada satu kesempatan mereka turut menebar pupuk bersama petani padi yang lokasi sawahnya memang dekat dengan kawasan pantai Pecal.

Wisata yang baik memang bukan hanya menawarkan eloknya potensi tempat wisatanya saja namun juga kehangatan dari masyarakat yang ada disekitarnya. Ini menunjukkan sebuah kesatuan yang tak terpisah dan semakin memperkuat keindahan dan keunikan dari obyek wisata tersebut.

Peran dari organisasi seperti Persit Kartika Chandra Kirana 1203 Ketapang ini dalam mempromosikan potensi wisata semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi organisasi-organisasi yang ada di Ketapang. Tentu yang paling penting adalah tingkat kunjungan wisata ke obyek-obyek wisata tersebut juga meningkat. (JWKS)

0 Komentar