Search

Satu Pohon Dapat Menaungi Banyak Orang, Namun Satu Orang Belum Tentu Mau Menanam Satu Pohon

Ilustrasi Pohon yang menaungi
Foto menarik di atas menunjukkan sebuah pertemuan yang diselenggarakan diruang terbuka. Uniknya banyak peserta yang hadir dan mereka tidak kepanasan serta merasa nyaman, mengapa?. Jawabnya mereka dinaungi oleh pohon yang cukup rindang.

Dari foto tersebut menunjukkan betapa berarti dan bermanfaatnya pohon bagi kehidupan. Sederhananya dengan kehadirannya dapat menaungi, memberi suplai oksigen, menjaga ketersediaan air dan berbagai manfaat baik langsung maupun tidak langsung.

Namun faktanya kontradiktif dengan upaya manusia untuk menjaga alam. Bahkan kadang sangat sulit bagi tiap orang untuk menanam sebatang pohon sekalipun. Bukan pada kemampuannnya namun pada niat serta kemauannya.

Bahkan mirisnya saat ini karena keserakahan akan memenuhi factor ekonomi terjadi alih fungsi lahan dimana-mana. Hutan diganti pertanian monokultur yang tak ramah lingkungan. Hutan diekploitasi untuk memenuhi gaya hidup dan standar ekonomi tanpa ada usaha penanaman kembali.

Kembali foto tersebut ingin menggugah kita pada dua pilihan yakni melestarikan atau menghancurkan, kenyamanan atau kegetiran di masa mendatang. (JWKS)

0 Komentar