Search

Mengkampanyekan Dunia yang Damai Lewat Ilustrasi Kartun

Karya : Moshed Mishu, sumber FB

Karya : Moshed Mishu, sumber FB

Karya : Moshed Mishu, sumber FB

Karya : Moshed Mishu, sumber FB

Karya : Moshed Mishu, sumber FB

Imagine all the people living life in peace, you
You may say I'm a dreamer
But I'm not the only one
I hope some day you'll join us
And the world will be as one
Imagine no possessions, I wonder if you can…..

Penggalan lagu berjudul Imagine diatas milik the Beatles sebuah group music yang digawangi oleh Jhon Lenon. Lagu itu sangat popular dimana mengandung unsur kampanye damai bagi seluruh dunia. Damai sendiri menjadi barang yang sangat mahal untuk diwujudkan di beberapa kawasan.

Adalah Morshed Mishu seorang seniman kartun dari Banglades yang juga menjadi Asisten Editor Majalah UNMAD. Dia memutuskan untuk menggambar kembali foto-foto yang memilukan dari seluruh dunia untuk menggambarkan bagaimana dunia akan terlihat tanpa kekerasan. Foto-foto yang menunjukan kemirisan suasana perang diolah dalam gambar kartun yang menggambarkan suasana damai penuh kebahagiaan.

Karya seni ini memberi kita pemikiran kedua tentang betapa indahnya dunia ini, hanya jika tidak ada kekerasan, perang dan keserakahan. Karya seni yang menggelitik kita juga apa yang sebenarnya dibutuhkan umat manusia kedamaian atau kehancuran.

Kampanye damai lewat kartun ini sungguh menyentuh, betapa tidak imajinasi kita diajak melihat ketika dunia itu penuh kedamaian. Mewujudkan dunia yang lebih baik adalah tugas dari kita sebagai umat manusia. Lebih baik yang tentunya dengan kesetaraan dan keadilan.

Harapan itu seperti tercermin di lirik lagu the Beatles, Imagine : “You may say I'm a dreamer, But I'm not the only one, I hope some day you'll join us. (JWKS)

0 Komentar