Search

Merintis Eco Tourism Wisata Air Terjun Riam Merasap

Pohon-pohon yang masih terjaga (Koleksi Foto Viktor Terang)

Trek yang Masih Dapat Dilalui Kendaraan Bermotor (Koleksi Foto Viktor Terang)

Tim Ekspedisi Berpose Bersama (Koleksi Foto Viktor Terang)

Air terjun Riam Merasap  (Koleksi Foto Viktor Terang)

Ketapang memiliki potensi alam yang luar biasa salah satunya potensi wisata alam. Bila didaerah pesisir dikenal dengan potensi pantainya maka di daerah pedalaman menawarkan potensi alam berupa hutan, sungai, air terjun, ngarai dan gunung. Salah satu potensi yang belum dimanfaatkan secara optimal adalah potensi air terjun Riam Merasap. Air terjun ini sendiri masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Palung yang keberadaannya tepat di perbatasan antara Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Desa Laman Satong sebagai desa yang paling dekat dengan lokasi air terjun ini pun diharapkan dapat memanfaatkan dengan baik potensi alam ini sebagai potensi wisata unggulan yang dapat memberi manfaat bagi desa dan masyarakat. Maka tak salah atas inisiasi dari masyarakat desa Laman Satong, Balai Taman Nasional Gunung Palung, unsur perusahaan dan Non Goverment Organization (NGO) dilaksanakan ekpedisi yang dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli 2018 silam. 

Ekpedisi ini sendiri bertujuan mencari atau merintis trek/jalur yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan nantinya untuk menuju lokasi Air Terjun Riam Merasap. Selama ini trek yang sudah ada adalah bekas jalur para pelaku illegal logging yang pernah melakukan pembalakan di kawasan tersebut. Untuk menuju lokasi, tim membutuhkan waktu tempuh kurang lebih dua hari. “Kita sengaja menggunakan dua hari, untuk betul-betul meng-explore potensi yang ada selama di jalan misal floranya, vegetasinya lalu lokasi pos-pos perhentian yang nantinya kita rencanakan untuk dibangun, karena memang medannya lumayan berat ada yang datar dan ada yang menanjak, jadi kita mesti atur betul agar nantinya wisatawan tidak bosan”, ujar salah satu anggota tim yakni Viktor Terang.

Setiba di lokasi tim disuguhkan dengan pemandangan nan indah dengan air terjun yang masih asri. Bahkan tidak jauh dari air terjun juga ditemui sarang orang utan di pohon yang tak terlalu tinggi. Keunikan dari air terjun riam merasap ini adalah danaunya yang cukup luas dengan lengkap dengan kondisi flora fauna yang masih terjaga.

Dulu Air Terjun Riam Merasap ini pernah diusahakan sebagai sumber bahan baku air PDAM di Kabupaten Ketapang namun proyek tersebut gagal. Saat ini yang mengunjungi potensi alam ini pun masih sangat sedikit. Untuk itulah Desa Laman Satong berusaha mengoptimalkan potensi ini ke depannya. Mereka merencanakan membuat trek khusus untuk para wisatawan dengan melibatkan masyarakat setempat untuk dapat menjadi guide. Selain itu masyarakat dilibatkan penuh nantinya mulai dengan men-sinergiskan adat dan budaya serta potensi kerajinan tangan seperti anyaman-anyaman.

Keberadaan hutan dan potensi alamnya termasuk air terjun memang menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat. Memanfaatkan secara bijak dan berkesinambungan adalah hal berikutnya yang sangat penting agar masyarakat tumbuh rasa memiliki dan mendapat manfaat dengan keberadaan potensi alam tersebut.

Setelah meng-explore kawasan sekitar air terjun, tim pun kembali ke Manjau dengan menempuh lama perjalanan kurang lebih satu hari. Langkah berikutnya pun mereka akan berdiskusi dan merumuskan bersama-sama pihak terkait agar potensi eco tourism ini dapat dikelola dengan baik. (JWKS)

0 Komentar