Search

Konsultasi Kredit dengan Parang di Pinggang

Suasana konsultasi kredit bagi anggota CU di Nanga Tayap
Menabung/menyimpan dan meminjam adalah core bussines dari hadirnya sebuah Credit Union (CU). Berbagai ragam anggota dengan latar belakang yang berbeda disatukan oleh semangat kebersamaan dalam gerakan ekonomi kerakyatan. Tiap lembaga keuangan tentu memiliki karakteristik yang berbeda-beda mulai dari produk pelayanannya dan tentunya fokus segmentasi pasar yang dilayani.
Bila kita melihat dalam antrian nasabah yang akan bertransaksi di sebuah Bank dengan berbagai keperluan ada yang hendak menabung, transfer, menarik dan lain-lain. Mereka mulai membawa uang dari uang dalam dompet, uang yang dibawa menggunakan tas hingga kantong kresek tentu dengan nominal yang relatif agak banyak. Jarang mereka (nasabah) menabung dengan nominal Rp. 50.000,- apalagi di bawah itu tentu dengan berbagai alasan salah satunya tak sepadan dengan panjangnya antrian.

Nah apabila kita di CU yang kita temukan tentu berbeda ada yang menabung mulai dari Rp. 10.000,- hingga jutaan maupun puluhan juta rupiah sesuai dengan aturan pola kebijakan tiap CU. Karakteristik  anggota yang menabung pun tentu berbeda-beda misalnya antara anggota di kota dan di perkampungan atau di desa. Di kota tentu dengan berbagai latar belakang pekerjaan anggota yang berbeda-beda mulai dari PNS, wiraswata, pedagang, guru, rohaniawan dan lain-lain tentunya dengan tampilan yang berbeda pula. Sementara kalau di desa/kampung dengan karakteristik masyarakat yang rata-rata petani tentu juga dengan tampilan yang sesuai dengan profesi mereka. Namun di atas semuanya itu mereka disatukan oleh semangat menabung dan merancang masa depan keuangan mereka. Tidak ada gengsi ketika harus menabung hanya dengan uang sepuluh ribu rupiah saja.
Begitu pula ketika mereka mengajukan pinjaman terkadang masih menggunakan pakaian kerja dengan parang tersarung di pinggang sebuah pemandangan biasa. Sebuah keunikan di CU yang mungkin sulit dijumpai di lembaga keuangan konvensional.

Hal tersebut tentu bukanlah sebuah masalah karena sejatinya CU begitu menyatu dengan kehidupan anggotanya. Persamaan persepsi untuk menjadikan CU sebagai alat untuk mewujudkan masa depan finansial keluarga untuk menjadi lebih baik adalah salah satu hal yang memperkuat semangat ikut atau turut andil dalam pemberdayaan ini.
Keunikan CU adalah kekuatan dari gerakan ini. (JWKS)

0 Komentar