Search

Andai Wisata Ketapang Dikelola seperti Wisata di Singkawang


Ketapang sebagai salah satu Kabupaten terluas di wilayah Provinsi Kalimantan Barat memiliki potensi wisata alam yang relative lengkap. Betapa tidak perpaduan antara daerah pantai (pesisir) dan perbukitan (pedalaman) ada di sini. Mulai dari wisata pantai, sungai, ngarai, hutan dan potensi alam lainnya. Namun harus diakui semuanya itu belum terkelola dengan maksimal.
Bila kita melirik daerah lain yang masih dalam satu provinsi yang sama katakanlah kota Singkawang maka kita harus akui kita masih ketinggalan. Singkawang betul-betul telah menjadikan pariwisata sebagai sektor yang menggerakkan ekonomi. Berbagai tempat wisata yang terkelola dan ditata dengan baik ada disini. Hal ini tentu tak lepas dari peran pemerintah, swasta dan masyarakat sendiri.
Tak salah Singkawang menjadi destinasi tujuan wisata di Kalbar bahkan ketika ada kunjungan kerja entah itu swasta ataupun pemerintah dari daerah lain maka menjadi sesuatu yang wajib mereka di-entertaint di Singkawang. Para tamu tersebut akan disuguhi mulai wisata kuliner, suasana kota Pecinan dengan Klentengnya, serta tentunya wisata pantai dan pulaunya yang dihiasi gunung Poteng yang indah.
Kembali ke Ketapang dengan potensi wisatanya yang besar yang sebenarnya tak kalah indah dari kota Singkawang bila ditata dan dikelola dengan baik. Pemerintah dan swasta diharapkan menjadi motor penggerak sektor yang dapat menyerap potensi tenaga kerja yang cukup banyak ini.
Setiap tahun ada kunjungan ataupun studi banding tentang sektor pariwisata ke daerah lain yang dilakukan oleh unsur pemerintah dan legislatif, harusnya ada peningkatan yang lebih baik dengan semakin berkembangnya sektor pariwisata Ketapang tiap tahunnya. Hal ini menjadi harapan mendasar dari masyarakat Ketapang.
Kita tentu ingin melihat bagaimana Tanjung Belandang, Pantai Air Mati, Tanjung Batu, Pagar Mentimun dan banyak obyek wisata lainnya tertata dengan baik, tersedia fasilitas-fasilitas, tersinergi dengan pusat wisata kuliner dan sarana transportasi serta akomodasi yang nyaman seperti yang kita jumpai di daerah-daerah lain. Sudah saatnya Kabupaten Ketapang juga melirik sektor yang menjanjikan ini.
Berkembangnya sektor ini tentu akan memiliki efek domino bagi sektor yang lain. Bagaimana pula masyarakat sekitar obyek wisata akan mendapat manfaat dan merasa diberdayakan. Ini tentu menjadi harapan dan butuh dukungan dari kita semua. (JWKS) 
(keterangan foto : Obyek wisata di Singkawang)

0 Komentar