Search

Toleransi dan Kepedulian akan Menjaga NKRI Tetap Ada (Oleh : Gregolina Meilinda Puspita Damayanti Kwardi Siswi Kelas X SMK. St. Petrus Ketapang)


Indonesia adalah Negara yang mempunyai banyak jenis suku, bahasa dan budaya. Indonesia juga memiliki berbagai macam agama dan kepercayaan. Oleh karena itu Indonesia sering disebut Negara dengan beribu bahasa dan budaya. 

Indonesia juga memiliki jumlah penduduk yang besar dimana juga banyak diantara mereka masih dalam kesulitan di bidang ekonomi. Banyak diantara mereka memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bekerja serabutan dan mengerjakan hal yang tak wajar. Itu semua dilakukan untuk mencari sesuap nasi. Kadang kita menilai apa yang mereka kerjakan adalah pekerjaan yang terhina.

Kita adalah saudara dan satu Negara, akan tetapi kita tidak memperdulikan apa yang mereka lakukan. Kesalahan sedikit saja kadan harus kita perpanjang dan persulit mereka. Tidakkah kita kasihan dengan mereka?. Bagi Tuhan merekalah raja karena mereka peduli dan berusaha berjuang untuk orang lain dan diri mereka sendiri.

Disinilah kita sebagai sesama bangsa harus memiliki rasa tenggang rasa terhadap apa yang dirasakan oleh orang lain. Kadang kita hanya dibutakan oleh kebutuhan hidup akan uang semata. Rasa kepedulian dan toleransi sebagai perwujudan Pancasila mesti kita kembangkan. 

Contoh konkrit yang dapat kita lakukan saat ini seperti menghormati saudara-saudari kita yang sedang menjalankan ibadah puasa. Paling dekat adalah sahabat-sahabat kita yang beragama Islam di Sekolah. Kita tidak akan makan atau minum ketika bersamanya sebagai bentuk toleransi kepadanya. Kita dapat pula berdiskusi bersamanya sambil menunggu waktu berbuka puasa itupun contoh sederhana yang dapat kita lakukan.

Bila rasa peduli dan toleransi telah terdoktrin pada diri kita khususnya sejak usia sekolah maka semangat kebangsaan dan cinta tanah air juga akan terpupuk serta pastinya NKRI ini akan tetap ada.

0 Komentar