Search

Pancasila Takkan Pernah Tergantikan (oleh : Umar Indrawan Kelas : XI MIPA 3, SMAN I)

Pancasila adalah sumber kekuatan bagi jajaran nusantara untuk tetap tegaknya rasa persatuan dan menciptakan berbagai aturan serta etika dalam bermasyarakat dan bernegara. Bagi bangsa Indonesia tidak ada keraguan sedikit pun mengenai kebenaran dan ketetapan Pancasila sebagai pandangan hidup, sebagai sistem filsafat, dan sebagai dasar negara yang mengatur hidup ketatanegaraan. Filsafat Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia yang merupakan kenyataan objektif yang hidup dan berkembang dalam masyarakat. Pancasila memberi petunjuk  mencapai kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa membedakan suatu suku atau ras.
Pancasila menjadi landasan dan falsafah dasar negara telah membuktikan dirinya sebagai wadah yang dapat menyatukan bangsa, serta memberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin dalam masyarakat kita yang beraneka ragam sifatnya. Dengan Pancasila bangsa Indonesia diikat oleh kesadaran sebagai satu bangsa dan satu negara. Pancasila memberikan ciri khas dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia.
Pancasila merupakan ideologi yang lahir, bukan dengan sembarang lahir begitu saja. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan kesepakatan politik para founding fathers  ketika negara Indonesia didirikan. Nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam Pancasila sudah dipertimbangkan dengan baik supaya bisa sejalan dengan pandangan dan sifat bangsa Indonesia. Pancasila sering digolongkan ke dalam ideologi tengah di antara dua ideologi besar paling berpengaruh di dunia. Maka dari itu, tak sepatutnya pancasila diganti. Tak sepatutnya pancasila dihilangkan dari bumi pertiwi ini. Pada dasarnya Pancasila dibuat untuk menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terletak pada bagaimana seluruh masyarakat Indonesia dari kalangan bawah sampai kalangan atas menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupannya. Penerapan nilai-nilai Pancasila diharapkan bisa diterapkan di semua bidang kehidupan baik itu di lingkungan pemerintahan (politik), ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, pendidikan, dan sebagainya. Tiga tataran nilai dalam ideologi Pancasila yang melandasi penerapan peranan Pancasila meliputi nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praksis. Semua nilai-nilai tersebut merupakan nilai luhur bangsa indonesia, yang berakar dari adanya pancasila untuk negeri ini. Pancasila terbentuk untuk menunjukkan apa tujuan dan landasan negeri ini untuk menjalankan tatanan kehidupan dalam berbagai aspek kehidupan  
Sekarang banyak oknum-oknum yang ingin mengganti ideologi yang bagus ini dengan ideologi lain, hanya untuk kepentingan suatu golongan saja. Mereka beranggapan bahwa ideologi mereka adalah ideologi yang terbaik.  Mereka tidak sadar, mereka tidak tahu, bahwa pancasila lahir dari Perjuangan para pembangun bangsa ini. Para pembangun bangsa dengan  susah payah menyumbangkan ide, dan berjuang untuk menjadikan pancasila sebagai ideologi yang sesuai dengan bangsa ini. Maka dari itu, jika ada oknum-oknum yang ingin mengganti pancasila, maka sudah sepatutnya, mereka tak pantas untuk tinggal di negeri yang kaya ini. Bahkan dihalalkan bagi mereka untuk angkat kaki dari negeri tercinta ini. Karena upaya mereka tidak menghargai sama sekali perjuangan para pahlawan pembangun bangsa ini. Mereka juga tidak paham, bahwa pancasila merupakan cerminan dari bangsa indonesia itu sendiri.
Oleh sebab itu, pancasila sangatlah penting untuk dipertahankan dan dijaga. Ketika ideologi pancasila diganti, apakah kehidupan negeri ini akan semakin baik? Sedangkan pancasila merupakan sebaik-baiknya ideologi dan menjadi ideologi yang sangat cocok dan tepat untuk bangsa yang penuh dengan kemajemukan suku, agama, bahasa dan budaya. Mari, jaga selalu pancasila. Amalkan nilai-nilai luhurnya. Karena pancasila merupakan ideologi yang terbaik bagi negeri ini. Pancasila takkan pernah tergantikan. Saya Indonesia, saya pancasila. Jika kau ingin mengganti pancasila, silahkan angkat kaki dari bumi Indonesia.

Selamat hari pancasila
#sayaindonesiasayapancasila
#pancasilatakkanpernahtergantikan

0 Komentar