Search

Pancasila (Oleh Sadius Siswa Kelas X SMK St. Petrus)


Sebagai generasi muda kita harus bisa mengamalkan sila-sila yang ada dalam Pancasila. Seperti apakah praktek menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari?. Kita dapat menerapkan Pancasila dengan banyak cara salah satunya dengan hormat menghormati dan saling menghargai atau lebih dikenal sebagai sikap toleransi.

Kita perlu juga menjaga lisan kita untuk tidak mencela seni budaya orang lain. Sebaliknya kita harus menghargai dan berpartisipasi untuk dapat melestarikannya.

1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila. Hal ini mesti kita syukuri karena Pancasila terbukti telah menjaga bangsa ini tetap utuh hingga kini.  73 tahun bukanlah waktu yang singkat namun juga bukanlah akhir dari usaha menjaga nusantara ini.

Kita sebagai generasi muda harus dapat menterjemahkan sila-sila dalam Pancasila dengan sikap, pikir, kata dan tingkah laku yang sesuai dengan lima sila tersebut. Contoh sederhana untuk sila pertama bagaimana kita memiliki sikap hormat-menghormati antar umat beragama. Bagaimana kita menjaga silahturahmi dengan umat beragama yang berbeda.

Untuk sila kedua contohnya adalah bagaimana kita memiliki kepedulian social pada lingungan dan sesama dengan turut menggalang dana dan bantuan bagi masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

Contoh konkrit untuk pelaksanaan sila ketiga adalah bagaimana kita dengan tertib mengikuti upacara bendera tiap hari senin. Bagaimana kita bahu-membahu bersama mensukseskan kegiatan social kemasyarakatan di sekolah dan lingkungan sekitar.

Sementara untuk sila keempat contoh sederhananya adalah bagaimana membuahkan keputusan bersama lewat musyawarah dan mufakat. Bagaimana pula kita secara legowo menjalankan apa yang telah diputuskan secara bersama.

Langkah konkrit pelaksanaan sila kelima contonya adalah bagaimana bersikap adil dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi terhadap sesama misalnya menjauhi dan meniadakan kegiatan bullying bagi siswa-siswi yang lebih muda.
 
Hal-hal diatas beberapa contoh sederhana yang dapat kita lakukan di tingkat pelajar. Tentu masih banyak contoh-contoh lainnya. Kepedulian kita menghayati dan mengamalkan Pancasila adalah langkah konkrit kita menjaga NKRI ini tetap ada.

0 Komentar