Search

Meneladani Semangat Toleransi (Oleh : Diah Rahmawati Siswi SMA NEGERI 1 KETAPANG)


Dewasa kini, menurut Juswandi Antropologi Sosial_Universitas Hasanuddin sendiri yakni kita hidup pada zaman dimana suatu bangsa adalah orang-orang yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa, sejarah, serta berpemerintahan sendiri, sedangkan berbangsa adalah manusia yang mempunyai landasan etika, bermoral, dan berahklak mulia dalam bersikap mewujudkan makna sosial dan adil. Membangun kesadaran Berbangsa dan Bernegara kepada pemuda sangatlah penting dan tidak akan dilupakan karena pemuda adalah penerus bangsa yang tidak dapat dipisahkan dari perjalanan bangsa ini.
Sebagai pemuda bangsa sudah sepatutnya kita memberi serta menunjukkan sikap yang terbaik bagi bangsa dan negara, dengan membangun nilai kekayaan bangsa dalam hal kebaikan, menghormati nilai-nilai budaya, kesadaran akan pentingnya menghormati kepercayaan lain maupun orang itu sendiri. Namun bisa kita lihat keadaan saat ini dimana, arus pergaulan yang menyimpang oleh sebagian besar kaum pemuda penerus bangsa ini. Dimana etika sudah sangat tidak dianggap serius, hanya beberapa yang masih menjunjung norma dan rasa kepedulian. Bisa kita lihat contoh sekarang sikap individual terhadap orang lain sekarang semakin meluas, dimana hanya mementingkan kesenangan pribadi daripada orang lain.
Bisa apa pemuda sekarang dimana maraknya pergaulan bebas, minimnya kesadaran, dan itu sangat-sangat jauh dari kata seorang pemuda yang mengharumkan bangsa dan negara. Dikarenkan semua ini para pemuda sekarang sangat sulit untuk menghargai dan menghormati sesamanya, tidak menghargai sebuah pendapat sebiasa apapun itu tapi telah melekat dan menjadi darah daging yang sulit untuk mengubah itu.
Kita ini luas, suku, adat-istiadat, bahasa, maupun yang lainya. Bisa apa kita dengan para penerus jika itu yang harus dibanggakan, sikap itulah yang membawa para pemuda sekarang tidak mengenal apa itu kata sebuah toleransi terhadap orang lain. Kita hidup sebagai makhluk sosial dimana kita hidup memerlukan bantuan dari orang lain dan tidak akan mampu untuk berdiri sendiri. Toleransi yang berarti menahan diri, bersikap sabar, membiarkan orang berpendapat lain, dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki pendapat yang berbeda. Mengapa demikian karena permasalahan sekarang adalah dimana pemuda sangat minim mengenai makna dari sebuah kata toleransi.
Toleransi juga merupakan awal sikap menerima perbedaan yang ada merupakan kekayaan kita dan bukan suatu hal yang salah maupun disalahgunakan, pemuda penerus harus paham dalam hal ini, dan harus menjujung tinggi rasa toleransi dalam segala hal yang mencangkup orang lain dilingkungan sekitarnya, mereka harus belajar ekstra tentang hal ini dan memahami bahwa pergaulan bebas kecanggihan teknologi akan terasa percuma apabila tidak menghargai atau membantu atau menghormati pendapat maupun kehidupan orang lain.
Sekarang ini para pemuda yang tergerus arus kebebasan yang memandang remeh sebuah toleransi, kadang dengan hanya memberikan kebebasan untuk orang lain dalam mengungkapkan pendapat saja sangat sulit itu dikarenakan para pemuda seakarang hanya memikirkan keegoisan diri pribadi. Mengapa demikian?, itu semua terjadi dikarenakan kurang nya pemahaman, mereka berpikir dengan mengikuti arus zaman ini akan membuat mereka kaya informasi maupun kaya dalam hal segala bidang, sehingga tidak memikirkan hak orang lain yang ada di dirinya sendiri.
Apa yang bisa dilakukan?, banyak hal yang dapat kita lakukan dengan tidak memandang rendah atau meremehkan suku, agama, ras, lainya, dengan menghargai setiap pendapat yang diberikan, memberikan kebebasan beragama, menolong dalam hal membutuhkan bantuan kita, itu semua hal-hal dari sekian banyak yang dapat kita lakukan, sebagai pemuda jauhi segala hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain, banyak hal lebih baik untuk membantu orang lain daripada hanya sebuah vidio game, akun media seharian, mengikuti pola pergaulan yang salah yang sia-sia, itu cukup ditinggalkan dan belajar untuk berkarya diri sendiri dan untuk orang lain.
Toleransi merupakan kemampuan untuk memberikan sikap yang objektif dan adil pada pendapat, prilaku, ras, dan agama yang berbeda. Bukan hanya sekedar tidak memperdulikan perbedaan, toleransi lebih mengarahkan manusia untuk menunjukkan rasa hormat pada perbedaan tiap-tiap manusia. Pada dasarnya manusia hidup dalam berbagai macam perbedaan, lokasi hidup, agama yang dianut, pendidikan, keadaan sosial itu semua adalah perbedaan yang menjadikan pr bagi pemuda untuk menjaga agar tetap bersatu dan tidak terpecahkan. Jadi, bagaimana jika pemuda sekarang banyak yang berulah dan tidak mementingkan hal itu, maka kembali kepada kunci dari kesadaran yang harus ditanamkan sejak dini mengenai hal tersebut dan harus dilakukan sejak dini.

Dalam kehidupan bermasyarakat sudah seharusnya menumbuhkan sikap toleransi yang akan menimbulkan hidup damai saling berdampingan serta menghindari permusuhan. Saling menghormati perbedaan salah satunya itulah hal yang terbaik untuk menjadikan toleransi yang diterima oleh semua orang dan menentramkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita sebagai manusia tidak perlu hal mewah menyombongkan diri, cukup menghargai orang lain saja itu sudah merupakan hal yang sangat luar biasa, tidak semua orang didunia ini mampu hidup berdampingan, hingga kadang bersikap ekstrim dengan mendeskriminasikan golongan yang berbeda, jadi kunci dari semua ini peran toleransi sangat berdampak besar pada kehidupan.

“Jadilah seorang pemuda yang menghargai sesamanya, jadilah pemuda yang menjunjung rasa toleransi pada kehidupan dan mari mengharumkan damai bangsa dan negara yang kita cintai” .

0 Komentar