Search

Kedai Ramadhan memiliki Manfaat Ekonomi Sekaligus Sarana Memupuk Rasa Persaudaraan

Selasa sore, 22 Mei 2018, geliat jual beli takjil atau makanan untuk berbuka puasa di kawasan Simpang Empat Pasar Baru mulai terlihat ramai.Tidak seperti biasanya sore ini cuaca pun agak bersahabat setelah beberapa hari sebelumnya menjelang sore hujan selalu mengguyur kota Ketapang.
Para pedagang pun nampak sumringah dan bersemangat menawarkan jajanan tradisional yang mereka pajang kepada para pengunjung.”Lumayanlah sore ini agak ramai, jenjurong dan bingke pun sak dikit am,” ujar Wati salah satu pedagang dengan logat Melayu Ketapang sambil tergelak.
Hari itu pengujung pun cukup beragam mereka bukan hanya dari kalangan kaum Muslim saja namun dari kalangan Non Muslim juga. Mereka mengaku senang ketika bulan Ramadhan tiba dimana pada bulan itu berbagai jajanan atau makanan tradisional di jual di kedai-kedai Ramadhan. “Mantaplah kalo Ramadhan tiba kita bisa berwisata kuliner sambil bercengkrama dengan sesama warga, suasananya sangatlah”, kesan Ati yang sore itu detemani temannya.
Ya bulan Ramadhan bulan yang penuh rahmat dimana selain menjadi bulan bagi ummat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa, bulan ini juga memiliki manfaat ekonomi bagi para pemilik UKM khususnya di bidang kuliner lewat kedai Ramadhan. Kedai Ramadhan ini juga menjadi sarana silahturahmi warga dan memperkuat rasa kebersamaan di tengah masyarakat Ketapang yang Majemuk.
Daryanto-JWK

0 Komentar