Search

Umat Kristiani Rayakan Pekan Suci Jelang Paskah 2022

Foto : Suasana Misa Kamis Putih di Gereja St. Agustinus yang menerapkan Protokol Kesehatan

“Kasih itu melayani, Kristus memberi teladan pada kita untuk melayani sesama, peristiwa basuh kaki saat perjamuan terakhir dimana Yesus membasuh kaki 12 rasul menegaskan Kristus sebagai pemimpin mau merendahkan diri untuk melayani, maka sebagai pemimpin atau apapun kita harus mau melayani, tentu dengan tulus serta penuh kasih”, ungkap Pastor Krisantus CP dalam homili misa perayaan Kamis Putih di Gereja Santo Agustinus, Ketapang, Kamis 14/04/2022.

Pekan ini umat Kristiani memang menyambut masa pekan suci dimana mulai hari Kamis dengan misa Kamis Putih, dilanjutkan 15 April dengan Jumat Agung, 16 April Sabtu Suci serta Minggu Paskah pada 17 April 2022 mendatang.

Di Kota Ketapang sendiri bagi umat Katolik ada dua paroki dengan fasilitas gereja yang dapat digunakan oleh umat, ada gereja Katedral St. Gemma dan Gereja St. Agustinus. Perayaan misa ini sendiri diatur waktunya oleh paroki masing-masing.

Jadwal Misa di Pekan Suci di Gereja St. Gemma Galgani (sumber: Moses)

Jadwal Misa Pekan Suci di Gereja St. Agustinus 

Selain gereja Katolik, gereja Kristen Protestan pun melaksanakan kebaktian yang sama. Kegiatan keagamaan ini juga didukung oleh pihak aparat keamanan yang membantu pengamanan di tiap-tiap gereja.

“Kita bersyukur dapat melaksanakan misa dalam pekan suci ini, mengingat juga masih dalam suasana pandemik, ketaatan protocol Kesehatan juga masih dijalankan dengan sangat baik oleh umat, dan bersyukur juga dukungan dari apparat keamanan untuk kelancaran dan keamanan peribadatan”, ungkap Regina salah satu umat gereja St. Agustinus.

Jalannya peribadatan sendiri memang masih menerapkan protokol kesehatan yang ketat mulai dari cek suhu, menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak serta tertib menggunakan masker. “Semoga pandemi segera berakhir dan kita dapat beraktivitas seperti biasa kembali”, pungkas Regina kembali. (Rky-JWKS)

 

0 Komentar